Khawatir Gempa Susulan, Lapas Cianjur Evakuasi Seluruh Warga Binaan

Selasa, 22 November 2022 - 00:24 WIB
loading...
Khawatir Gempa Susulan, Lapas Cianjur Evakuasi Seluruh Warga Binaan
Lapas Cianjur melakukan langkah-langkah mitigasi risiko menyusul rusaknya sejumlah bangunan akibat gempa. Seluruh warga binaan telah dievakuasi. Foto: Dok Kanwil Kemenkumham Jabar
A A A
CIANJUR - Lapas Kelas IIB Cianjur melakukan langkah-langkah mitigasi risiko menyusul rusaknya sejumlah bangunan akibat gempa , Senin (21/11/2022). Seluruh warga binaan telah dievakuasi dan malam ini ditempatkan di lapangan.

"Mitigasi risiko yang telah dilaksanakan, yakni mengerahkan seluruh petugas untuk melaksanakan pengamanan area kantor dan blok hunian. Mengevakuasi seluruh penghuni untuk berkumpul di tengah lapangan," ujar Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat Sujonggo, melalui keterangan tertulisnya.



Petugas lapas telah ditempatkan pada area dalam lapangan dan tembok luar. Unuk mengantisipasi gempa susulan, seluruh warga binaan bermalam di area lapangan dengan pengawasan ketat.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Bupati dan jajaran Forkompimda Cianjur. Kepala Divisi Pemasyakaratan Kanwil Jabar saat ini sudah berada di Lapas Cianjur untuk meninjau seluruh area dan cipta kondisi. Ia memberikan arahan kepada seluruh warga binaan untuk tetap tenang dan melarang mereka masuk ke dalam kamar sebagai antisipasi gempa susulan.

Baca juga: Update Korban Gempa Cianjur: 326 Orang Luka-luka, 13.784 Mengungsi

"Rumah dinas pegawai dan petugas serta keluarga pegawai yang di luar rumah dinas dalam keadaan aman dan baik. Sedangkan di area sekitar Lapas, petugas telah berkoordinasi dengan warga masyarakat sekitar Lapas guna memastikan dampak rubuhnya tembok keliling di lapas tersebut," katanya.

Kepala Kejaksaan Negeri Cianjur juga telah meninjau area seluruh Lapas untuk dilaporkan ke Bupati dan Gubernur.

Diketahui, terdapat warga yang terdampak rubuhnya tembok keliling Lapas, yakni 1 anak berumur 4 tahun meninggal dunia dan neneknya dalam kondisi luka berat telah dilarikan ke RSUD Cianjur.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2333 seconds (0.1#10.140)