Profil dan Perjalanan Karier Militer Marsma TNI Prabowo Sebelum Dimutasi Panglima TNI

Kamis, 17 November 2022 - 20:23 WIB
loading...
Profil dan Perjalanan Karier Militer Marsma TNI Prabowo Sebelum Dimutasi Panglima TNI
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mutasi 130 Perwira TNI . Salah satunya Marsma TNI Prabowo. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Marsma TNI Prabowo merupakan seorang perwira tinggi (Pati) di Tentara Nasional Indonesia (TNI). Beberapa waktu yang lalu, namanya masuk dalam daftar perwira tinggi (Pati) dari 3 matra yang dimutasi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Mutasi tersebut tertuang dalam Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/1122/XI/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia tertanggal 4 November 2022.

Baca juga : Jenderal Andika Perkasa Mutasi 109 Perwira TNI

Dalam surat keputusan tersebut, tercatat ada sekitar 130 Perwira TNI yang dimutasi oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Dari sekian banyak nama, salah satunya adalah Marsma TNI Prabowo.

Lantas, siapakah sebenarnya Marsma TNI Prabowo ini?

Marsma TNI Prabowo, S.A.P., M.M. merupakan seorang perwira tinggi (Pati) di Tentara Nasional Indonesia (TNI). Melihat dari pangkatnya, Marsekal Pertama atau Marsma berada di kategori perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Udara.

Pangkat Marsma ini satu tingkat di atas Kolonel dan satu tingkat di bawah Marsekal Muda. Jika di matra lain, akan setingkat dengan Brigadir Jenderal (TNI AD) dan Laksamana Pertama (TNI AL). Adapun untuk lambangnya sendiri ditandai dengan satu bintang emas.

Beralih ke riwayat kariernya, Marsma TNI Prabowo pernah menempati posisi Inspektur Logistik Inspektorat Jenderal TNI (Irlog Itjen TNI).

Dikutip dari laman TNI Mil, pada 16 September 2021, dia dimutasi oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/816/IX/2021 tertanggal 13 September 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Baca juga : Jenderal Andika Perkasa Mutasi 110 Perwira TNI, Ini Daftar Lengkapnya

Dalam hal ini, Prabowo masuk daftar bersama 150 Perwira Tinggi (Pati) TNI yang terdiri atas 89 Pati TNI AD, 27 Pati TNI AL, dan 34 Pati TNI AU. Marsma TNI Prabowo yang sebelumnya menjabat Irlog Itjen TNI dimutasi menjadi Irben Itjen TNI.

Terbaru, Perwira Tinggi TNI AU ini kembali beralih tugas setelah dimutasi oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Dalam SK yang diterbitkan, Marsma TNI Prabowo yang sebelumnya menempati posisi Irben Itjen TNI diangkat sebagai Koorsahli Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU).

Dalam tugasnya yang baru, Prabowo menggantikan Marsda TNI Hari Mursanto yang diangkat sebagai Kapuslaiklambangjaan. Dengan pengangkatan ini, dia akan meraih kenaikan pangkat satu tingkat, yakni menjadi Marsekal Muda (Marsda) atau bintang dua.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)