Profil Laksda TNI Suprianto Irawan, Dimutasi dari Sestama Bakamla ke Pati Mabes TNI AL

Selasa, 15 November 2022 - 14:32 WIB
loading...
Profil Laksda TNI Suprianto Irawan, Dimutasi dari Sestama Bakamla ke Pati Mabes TNI AL
Salah satu perwira yang terkena mutasi ini adalah Laksda Suprianto Irawan. Foto DOK wikipedia
A A A
JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus mengalami perombakan di bawah kepemimpinan Jenderal TNI Andika Perkasa. Terbaru adalah memutasi sejumlah perwira yang bertugas di luar struktur. Salah satu perwira yang terkena mutasi ini adalah Laksda Suprianto Irawan.

Mutasi tersebut tercantum dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1122/XI/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia, yang ditetapkan pada tanggal 4 November 2022.

Baca juga : Jenderal Andika Perkasa Mutasi 109 Perwira TNI

Laksda TNI Suprianto Irawan yang sebelumnya menjabat di Badan Keamanan Laut (Bakamla) sebagai Sekretaris Utama, dipindahkan ke Pati Mabes TNI Angkatan Laut dalam rangka pensiun.

Pria kelahiran Papua 15 Desember 1964 itu tidak sendirian dalam menjalani perombakan ini. Secara keseluruhan terdapat 130 pati TNI yang masuk dalam daftar mutasi dan promosi jabatan.

Laksda TNI Supriyanto merupakan jebolan Akademi Angkatan Laut tahun 1988. Jabatan strategis yang pertama kali dijabatnya adalah sebagai Komandan Detasemen-1 Sabotase/Anti Sabotase Satkopaska Armabar.

Pada tahun 2000, Suprianto Irawan diangkat menjadi Komandan Satrol Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Latamal) I/Medan. Hingga menjadi Perwira Seksi Operasi Satuan Kopaska Koarmatim di tahun 2004 sampai 2005.

Selanjutnya dia dipercaya untuk menjabat sebagai Komandan, yakni Komandan Satuan Kopaska Koarmabar tahun 2005, dan Komandan Lanal Banten tahun 2008.

Baca juga : Mutasi 113 Perwira TNI, Danlanud Iswahjudi Diganti

Beberapa posisi Asisten Intelijen juga sempat diembannya, seperti Asintel Danguspurlatim tahun 2010, Asintel Pangkolinlamil tahun 2011, dan Asintel Pangarmabar tahun 2013.

Sebelum menjabat di Bakamla, dia sempat menjabat sebagai Komandan Lantamal IV/Tanjungpinang tahun 2016, Kepala Dinas Pengamanan Angkatan Laut, dan Asisten Pengamanan Kepala Staf Angkatan Laut di tahun 2017.

Dikutip dari tni.mil.id, Laksda Suprianto Irawan secara resmi menjabat sebagai Sekretaris Utama Bakamla setelah dilantik dan disumpah oleh Kepala Bakamla, pada 3 Juli 2019 lalu. Hingga kemudian dia dimutasi pada 13 November 2022 untuk mengisi posisi Pati Mabes TNI AL dalam rangka masa pensiunnya.

Pangkat yang disandang oleh Laksda TNI Suprianto adalah Laksamana Muda yang sama posisinya dengan Jenderal Bintang Dua di TNI AD.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1401 seconds (0.1#10.140)