Survei: Pendukung Gerindra-PKB di DKI Jakarta Lebih Pilih Anies Jadi Capres

Senin, 14 November 2022 - 15:51 WIB
loading...
Survei: Pendukung Gerindra-PKB di DKI Jakarta Lebih Pilih Anies Jadi Capres
Anies Baswedan juga didukung pemilih Partai Gerindra, PKB, juga Glkar di DKI Jakarta. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Para pemilih atau pendukung Partai Gerindra, PKB hingga Partai Golkar ternyata lebih memilih Anies Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024 ketimbang pilihan partai yang mereka dukung. Fakta menarik ini ditemukan dalam temuan hasil survei Indostrategic di wilayah DKI Jakarta pada Oktober 2022.

Sebagaimana data yang diterima, survei memotret sebaran dukungan capres berbasis partai, misalnya Gerindra. Mesikipun sudah secara resmi mengusung Prabowo Subianto sebagai Capres di 2024, nyatanya dukungan pemilih Gerindra untuk Prabowo hanya 31,2%. Sementara, sebanyak 39,2% pemilih partai berlambang burung Garuda itu berlabuh pilihannya ke Anies Baswedan.

Begitu juga dengan PKB. Meskipun sudah mendeklarasikan ketua umumnya, Abdul Muhaimin Iskandar sebagai Capres, nyatanya dukungan terbesar dari basis pemilihnya di DKI lebih banyak kepada Anies Baswedan, dengan tingkat keterpilihan sebesar 34,8%.

Baca juga: Duet Anies-AHY Lebih Dipilih Warga DKI Ketimbang Ganjar-Erick

Hal senada juga terjadi di Partai Golkar. Walaupun hasil Musyawarah Nasional (Munas) mendorong ketua umumnya, Airlangga Hartarto sebagai capres, ternyata dukungan terbesar justru ditujukan kepada Anies Baswedan sebesar 35,2%. Sementara, dukungan basis pemilihnya kepada Airlangga Hartarto hanya sekitar 1,4%.

Dukungan terhadap Anies Baswedan juga terlihat didapatkan dari basis pemilih PAN dan PPP. Sebanyak 55,0% basis pemilih PAN dan 50,0% basis pemilih PPP mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Sementara, dukungan terbesar untuk Anies Baswedan didapatkan dari basis pemilih partai Nasdem (62,3%), Demokrat (66,3%) dan PKS (70,8%). Diketahui, belakangan ini ketiga parpol tersebut berpeluang membentuk poros koalisi untuk mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang.

Anies Baswedan menduduki peringkat teratas dari beragam simulasi nama tokoh nasional yang berpotensi menjadi Capres di 2024 mendatang. "Dalam silumasi 10 nama di DKI Jakarta, Anies unggul di peringkat satu dengan elektabilitas 42,1%," demikian hasil survei Indostrategic, Senin (14/11/2022).



Untuk diketahui, survei ini dilakukan dengan wawancara tatap muka pada tanggal 8-16 Oktober 2022. Populasi survei terdiri atas seluruh warga Provinsi DKI Jakarta yang memiliki hak pilih dalam Pemilu, yaitu mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Besaran sampel yang diambil sebanyak 1.200 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling). Sampel sendiri berasal dari seluruh Kabupaten/Kota di wilayah DKI Jakarta.

Dengan jumlah sampel tersebut, Indostrategic menerapkan toleransi kesalahan atau margin of error sebesar ±2,8% pada tingkat kepercayaan 95%.
(muh)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3246 seconds (11.210#12.26)