11 Jenderal Bintang 3 Tinggalkan Militer, Salah Satunya Siap Mati untuk PDIP

Sabtu, 12 November 2022 - 11:04 WIB
loading...
11 Jenderal Bintang 3 Tinggalkan Militer, Salah Satunya Siap Mati untuk PDIP
Sebanyak 11 Jenderal Bintang 3 atau Letjen Purnawirawan meninggalkan militer, salah satunya Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito yang pernah menyatakan siap mati untuk PDIP. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebanyak 11 Jenderal Bintang 3 atau Letnan Jenderal (Letjen) Purnawirawan (Purn) meninggalkan militer. Salah satunya, Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito yang pernah menyatakan siap mati untuk Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) setelah bergabung dalam partai berlambang banteng bermoncong putih itu.

Adapun 11 orang perwira tinggi (Pati) berpangkat Letnan Jenderal itu termasuk dalam 164 Pati TNI AD yang mengikuti Wisuda Purna Wira (WPW) di Gedung Moch Lily Rochli Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jumat (11/11/2022). Acara yang bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Akmil itu dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Selain 11 orang Pati berpangkat Letnan Jenderal, 164 Pati TNI AD itu terdiri dari 53 orang Pati berpangkat Mayor Jenderal, serta 100 orang Pati berpangkat Brigadir Jenderal. Proses diawali dengan penerimaan piagam penghargaan yang diberikan KSAD dan Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Rahma Dudung Abdurachman.





Acara dilanjutkan dengan penyerahan pedang Pama dari Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito selaku perwakilan wisudawan kepada Pama TNI AD sebagai generasi penerus bangsa. Kemudian perwakilan wisudawan secara simbolis menerima KTA Pepabri, KTA Perip, dan KTA PPAD, pemakaian topi dan penyematan lencana serta penerimaan psikograf dan buku kenangan.

Selanjutnya, acara diakhiri dengan tradisi pelepasan wisudawan beserta istri di bawah hunusan ponyard pora (Pedang Taruna) Taruna Akmil. Acara tersebut dihadiri oleh Ketum PPAD, Ketua Umum DPP Pepabri, Ketua Perip, pejabat utama TNI AD, Gubernur Akmil, beserta tamu undangan lainnya.

Selain Ganip Warsito, satu dari 11 orang Pati berpangkat Letjen TNI (Purn) itu adalah Anto Mukti Putranto. Jabatan terakhirnya adalah Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan (Kodiklat) TNI AD.



Letjen TNI (Purn) Anto Mukti Putranto memposting sejumlah foto dan video tentang dirinya yang mengikuti Wisuda Purna Wira (WPW) itu di akun Instagramnya. “Rangkaian Wisuda Purna Wira 2022 dan syukuran Akmil ke 65 th di Akademi militer Magelang. Menyongsong kehidupan yg sesungguh nya… Alhamdulillah … 35 th pengabdian sbg Perwira TNI AD yg penuh suka duka dlm menjalankan tugas tugas negara… bekerja denga hati, profesional, selalu bersyukur,” katanya di akun Instagram Putranto Am dikutip SINDOnews, Sabtu (12/11/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)