Deretan Brevet yang dimiliki Letnan Jenderal TNI Rudianto, Kepala Badan Intelijen Strategis TNI

Rabu, 02 November 2022 - 15:56 WIB
loading...
Deretan Brevet yang dimiliki Letnan Jenderal TNI Rudianto, Kepala Badan Intelijen Strategis TNI
Letnan Jenderal TNI Rudianto sebelumnya menjadi salah satu Pati yang dimutasi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Foto DOK TNI AD
A A A
JAKARTA - Letnan Jenderal TNI Rudianto sebelumnya menjadi salah satu Pati yang dimutasi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Dalam tempat dinasnya yang baru, dia diamanahkan untuk menempati posisi Kepala Badan Intelijen Strategis (Kabais) TNI.

Dikutip dari pemberitaan Sindonews, mantan Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad) ini menggantikan Kabais sebelumnya yang turut dimutasi, yakni Letjen TNI Joni Supriyanto.

Baca juga : Jenderal Andika Perkasa Tunjuk Letjen Rudianto sebagai Kabais TNI

Dalam sepak terjangnya, abituren Akmil 1989 ini pernah menempat sejumlah jabatan strategis. Sebut saja seperti Waasops Danjen Kopassus, Danrem 051/Wijayakarta, Komandan Grup 1/Kopassus, Asisten Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara, hingga Pangdam IV/Diponegoro.

Sepanjang kariernya, sejumlah penghargaan telah diterimanya, termasuk beberapa brevet. Berikut di antaranya.

1. Brevet Komando

Pertama ada brevet komando pasukan khusus. Dikutip dari laman Kopassus, tanda kualifikasi Brevet Komando menandakan bahwa prajurit yang mendapatkannya sudah dilatih melalui pendidikan atau latihan, sehingga memiliki keberanian, kecekatan, dan keterampilan sebagai prajurit komando yang mencakup kemampuan operasi di darat, laut, dan udara.

2. Brevet Jump Master

Brevet ini diperoleh bagi prajurit yang telah menguasai teknik pelipatan parasut, teknik exit, teknik melayang, teknik spotting, teknik pattern, teknik pendaratan, hingga teknik emergency procedure.

Baca juga : Profil Letjen Rudianto, Jenderal Kopassus yang Ditunjuk Jadi Kabais TNI
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)