Deretan Brevet yang Dimiliki Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Rabu, 02 November 2022 - 14:27 WIB
loading...
Deretan Brevet yang Dimiliki Jenderal TNI Dudung Abdurachman
Jenderal TNI Dudung Abdurachman merupakan seorang perwira tinggi TNI AD. Foto DOK wikipedia
A A A
JAKARTA - Jenderal TNI Dudung Abdurachman merupakan seorang perwira tinggi TNI AD yang saat ini menempati posisi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Pria kelahiran 19 November 1965 menjabat KSAD sejak 17 November 2021 lalu.

Dalam riwayat kariernya, alumni Akademi Militer (Akmil) 1988 ini pernah menempati sejumlah jabatan strategis. Sebut saja seperti Danrindam II/Sriwijaya (2011), Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Kasad (2017-2018), Gubernur AKMIL (2018-2020), Pangdam Jaya, serta Pangkostrad.

Baca juga : Dudung Abdurachman, dari Loper Koran Kini Jadi KSAD

Sepanjang kariernya, Jenderal TNI Dudung Abdurachman telah banyak memiliki brevet yang tersemat di seragamnya. Berikut beberapa di antaranya.

1. Brevet Anti Teror

Brevet Anti Teror menjadi salah satu brevet kehormatan Kopassus yang didapatkan Jenderal Dudung. Dikutip dari pemberitaan Sindonews, brevet tersebut disematkan langsung oleh Danjen Kopassus Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur pada 21 Desember 2021.

Dalam artinya, Brevet anti teror ini adalah tanda kemahiran, kehormatan, pengabdian, dan tanggung jawab yang diberikan korps kepada seorang prajurit. Adapun pemberian brevet ini didasarkan atas usaha prajurit tersebut karena sudah mengikuti serangkaian materi kegiatan berupa serbuan unit yang menjadi tradisi Sat-81 Kopassus.

2. Brevet Komando

Berikutnya ada Brevet Komando. Sama halnya dengan brevet anti teror, penyematannya dilakukan langsung oleh Danjen Kopassus Mayjen TNI Muji Angkasa pada 21 Desember 2021.

Brevet komando didapatkan seorang prajurit yang telah melewati pelatihan di Pusdiklatpassus Batujajar, Bandung. Pendidikan berlangsung selama 7 bulan dengan beberapa tahapan seperti pendidikan dasar, pelatihan di hutan dan gunung, serta rawa dan laut.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1740 seconds (10.177#12.26)