Jenderal Dudung Tegaskan TNI AD Dukung Pengembangan UMKM

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 22:37 WIB
loading...
Jenderal Dudung Tegaskan TNI AD Dukung Pengembangan UMKM
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman meninjau langsung bazar UMKM yang di kawasan Buperta Cibubur, Jakarta Timur. Foto/MPI/Aldi Chandra
A A A
JAKARTA - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman meminta jajarannya untuk bersinergi dengan pemerintah dan pembangku kepentingan dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah ( UMKM ). Hal ini penting untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional.

Dudung menjelaskan, hal ini dilakukan lantaran TNI Angkatan Darat merupakan komponen dari bangsa Indonesia. Sebagai komponen bangsa itulah, TNI harus terus bersinergi dengan pemerintah dalam pengembangan UMKM di Indonesia.

"Pertama meningkatkan partisipasi para pelaku UMKM dalam berbagai kegiatan terkait perekonomian di wilayah masing-masing, Sehingga masyarakat dan pelaku UMKM akan terus berkreasi dan berinovasi untuk menciptakan produk unggulan yang khas," kata Dudung dalam sambutannya saat membuka acara Workshop TNI AD Bersama Pemerintah Dalam Mengembangkan Ekonomi UMKM di Era Digital di Buperta, Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (29/10/2022).

Baca juga: HT Jadi Pembicara Workshop TNI AD

Kedua, Dudung meminta agar Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) bersinergi dengan instansi yang terkait untuk mendorong perekonomian. Sinergi ini, tambah dia, diharapkan membuat kemajuan masing-masing UMKM.

Ketiga, Satkowil juga diharapkan selalu menggandeng para pelaku UMKM di lingkungan masing-masing. Hal ini dilakukan saat melakukan berbagai kegiatan perekonomian yang ada.

Terakhir, Dudung juga berharap jajarannya dapat menjadi motor penggerak untuk membangun sinergi. Misalnya dengan melibatkan akademisi, praktisi, komunitas, hingga media dan pemerintah yang ada, untuk menciptakan ekosistem sebagai sebuah solusi untuk pengembangan kreativitas inovasi dan teknologi pada bidang UMKM.

"Mudah-mudahan ke depan kita akan lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan masyarakat justru dengan UMKM bisa belajar untuk berusaha. Sehingga kesejahteraan masyarakat akan semakin terjaga."
(zik)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1809 seconds (11.252#12.26)