JK Beberkan Sosok Ideal Cawapres Pendamping Anies, Ini Kriterianya

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 12:03 WIB
loading...
JK Beberkan Sosok Ideal Cawapres Pendamping Anies, Ini Kriterianya
Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membeberkan kriteria calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024. Foto: Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla ( JK ) membeberkan kriteria calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024 . JK menilai bukan hanya popularitas yang perlu dipertimbangkan dalam mencari sosok yang pas sebagai cawapres pendamping Anies Baswedan.

"Wakil itu pertama dinilai pertama bukan popularitas tapi dinilai bagaimana dia pengalaman membantu presiden. Coba lihat semuanya. Saya dua kali wapres. Pak Boediono, Pak Kiai (Ma’ruf Amin) pernah kampanye enggak? Enggak pernah. Harus tadi, harus bekerja dengan baik, sehingga dilihat ini. Harus menilai bisa bekerja sama atau bisa membantu," kata JK kepada wartawan, Sabtu (29/10/2022).

Menurutnya, cawapres yang baik tidak hanya harus dinilai dari elektabilitas di sejumlah survei. "Tentu kalau dalam pemilu ya. Tapi orang elektabilitas dilihat dari apa yang dikerjakannya sekarang. Itu harus tapi orang akan menilai dia sanggup bekerja tidak," tutur JK.

Baca juga: Jusuf Kalla Minta Kedekatannya dengan Anies Baswedan Tak Dianggap Politis



Maka itu, JK meminta masyarakat untuk tidak asal memilih capres dan cawapres yang populer. Tapi harus memiliki kriteria yang baik sebagai pemimpin.

"Gini, yang kita harapkan memilih, jangan, bukan nama, bukan siapa. Tapi masih kita bisa bikin suatu kriteria yang baik dulu. Tawarkan ke masyarakat," imbuhnya.

Dia mengatakan kriteria itu antara lain yakni sosok pemimpin harus dapat memimpin bangsa menuju kemakmuran dan adil. "Pertama tentu apa yang kita inginkan? pemimpin yang dapat membawa bangsa ini maju makmur dan adil, itu dulu. Setuju kan?" kata JK.

Kedua, lanjut JK, cawapres harus memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat dan punya pengalaman yang baik. "Leadershipnya harus kuat, punya kemampuan, punya pengalaman. Karena kalau tidak punya pengalaman tingkat kecerdasan kemampuan yang cukup baik, tidak perlu terlalu pintar tapi tingkat intelektualnya baik," ungkapnya.

Sedangkan yang ketiga, kata JK, yakni memiliki rekam jejak yang baik. Masyarakat pun diminta untuk menilai sesuai kriteria capres dan cawapresnya nanti pada Pilpres 2024.

"Ketiga, track record yang baik. Boleh kita tambah, tapi coba nanti kita ukur bagaimana Anies, bagaimana Prabowo, bagaimana Erick, Ganjar, bagaimana Puan. Bagaimana seberapa jauh syarat ini bisa dipenuhi. Karena kita jangan hanya, kita cari pemimpin yang bisa bawa bangsa ini. Dan mari kita susun kriterianya baru pilih orangnya, jangan langsung orangnya ini, kriterianya," pungkasnya.
(rca)
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2208 seconds (11.252#12.26)