Daftar Menteri Luar Negeri Era Reformasi, Nomor 3 Menjabat di Pemerintahan Mega dan SBY

Selasa, 25 Oktober 2022 - 10:23 WIB
loading...
Daftar Menteri Luar Negeri Era Reformasi, Nomor 3 Menjabat di Pemerintahan Mega dan SBY
Hassan Wirajuda, mantan Menteri Luar Negeri. Foto/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Daftar Menteri Luar Negeri (Menlu) yang menjabat di era Reformasi ini penting untuk diketahui. Total ada lima Menlu sepanjang era Reformasi, salah satunya menjabat di pemerintahan Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sebelum membahas siapa saja Menlu sepanjang era Reformasi , perlu diketahui bahwa tugas utama Kemlu sejak 1998 hingga sekarang diarahkan untuk memagari potensi disintegrasi bangsa, upaya membantu pemulihan ekonomi, upaya peningkatan citra Indonesia, dan meningkatkan kualitas pelayanan dan perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI).

Era Reformasi dimulai setelah Presiden Soeharto lengser pada 21 Mei 1998. BJ Habibie yang sebelumnya menjadi Wakil Presiden, naik jabatan menjadi Presiden.

Setelah resmi menjadi Presiden, BJ Habibie membentuk Kabinet Reformasi Pembangunan. Ali Alatas, Menlu Kabinet Pembangunan V hingga Kabinet Pembangunan VII, kembali dipercaya Habibie menjadi Menlu di Kabinet Reformasi Pembangunan.

Berikut ini SINDOnews tampilkan daftar Menteri Luar Negeri sepanjang era Reformasi:

1. Ali Alatas

Ali Alatas lahir pada 4 November 1932. Ali adalah seorang diplomat yang dipercaya menjadi Menlu sejak 1988 atau pada masa Kabinet Pembangunan V yang dipimpin Presiden Soeharto.

Saat Habibie naik menjadi Presiden dan membentuk Kabinet Reformasi Pembangunan, Ali Alatas tetap dipercaya menduduki kursi Menlu. Masa bakti Kabinet Reformasi Pembangunan sejak 21 Mei 1998 hingga 26 Oktober 1999.

2. Alwi Shihab

Alwi Abdurrahman Shihab, lebih dikenal dengan nama Alwi Shihab, lahir 19 Agustus 1946 di Rappang, Sulawesi. Alwi adalah Menlu di Kabinet Persatuan Nasional.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2389 seconds (10.177#12.26)