Tuntut Tanggung Jawab Tragedi Kanjuruhan, TGIPF Minta Iwan Bule Mundur dari Ketum PSSI

Selasa, 18 Oktober 2022 - 06:40 WIB
loading...
Tuntut Tanggung Jawab Tragedi Kanjuruhan, TGIPF Minta Iwan Bule Mundur dari Ketum PSSI
TGIPF Tragedi Kanjuruhan merekomendasikan Iwan Bule mundur dari kursi ketua umum PSSI. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan meminta Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule beserta seluruh jajaran Komite Eksekutif mengundurkan diri. Hal tersebut disampaikan dalam rekomendasi laporan TGIPF kepada Presiden Jokowi pada Jumat (14/10/2022) lalu.

"Secara normatif, pemerintah tidak bisa mengintervensi PSSI, namun dalam negara yang memiliki dasar moral dan etik serta budaya adiluhung, sudah sepatutnya Ketua Umum PSSI dan seluruh jajaran Komite Eksekutif mengundurkan diri," bunyi rekomendasi TGIPF yang diunggah melalui website polkam.go.id, dikutip Selasa (18/10/2022).

Menurut TGIPF, para pejabat PSSI tersebut perlu mundur sebagai bentuk pertanggungjawaban atas jatuhnya korban luka hingga meninggal dalam Tragedi Kanjuruhan.



"(Mengundurkan diri) sebagai bentuk pertanggungjawaban moral atas jatuhnya korban sebanyak 712 orang, di mana saat laporan ini disusun sudah mencapai 132 orang meninggal dunia, 96 orang luka berat, 484 orang luka sedang/ringan yang sebagian bisa saja mengalami dampak jangka panjang," bunyi rekomendasi.

Sebagai informasi, sebelum TGIPF merekomendasikan agar Iwan Bule mundur dari jabatannya, desakan mundur sudah lebih dulu dilayangkan publik usai tragedi Kanjuruhan.

Namun Executive Committee (Exco) PSSI Sonhadji menilai bahwa dalam keadaan seperti ini, mundur bukanlah langkah yang tepat. Justru, kata Sonhadji, Iwan Bule tidak bersikap jantan jika memilih mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI.



"Ya saya selaku pengurus PSSI mundur itu bukan tindakan yang bagus untuk menghadapi masalah seperti ini," kata Sonhadji dalam konferensi pers usai memenuhi panggilan Komnas HAM, Kamis (13/10/2022).

"Kalau saya katakan sebagai Exco PSSI saya, kalau kondisi seperti ini lagi butuh pemikiran butuh macam-macam kemudian ketua mundur, gak jantan," sambungnya.

Sonhadji mengaku bakal menekankan kepada Iwan Bule untuk tidak mundur dari posisi ketua PSSI. Menurutnya, yang lebih dibutuhkan saat ini adalah pemikiran untuk menyelesaikan masalah.

"Saya bilang tadi, saya bilang sama kawan saya itu ketua umum. Kalau Anda mundur tidak jantan. Gitu ya," kata Sonhadji.

"Nanti saya bilang sama kawan saya itu, ketua umum kalau Anda mundur, ya saya bilang enggak jantan," sambungnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2660 seconds (0.1#10.140)