LKBN Antara Bangun Kompleks Jurnalistik Moderen di Pasar Baru Jakarta

Minggu, 16 Oktober 2022 - 12:20 WIB
loading...
LKBN Antara Bangun Kompleks Jurnalistik Moderen di Pasar Baru Jakarta
Perum LKBN Antara bakal membangun sebuah kompleks jurnalistik moderen di kawasan bersejarah Pasar Baru, Jakarta Pusat. Foto: Dok.MPI
A A A
JAKARTA - Perum LKBN Antara bakal membangun sebuah kompleks jurnalistik moderen di kawasan bersejarah Pasar Baru , Jakarta Pusat. Ground breaking pembangunannya akan dilakukan saat peringatan ulang tahun ke-85 Kantor Berita Antara.

Sebuah kompleks jurnalistik moderen itu diharapkan dapat menjadi wajah jurnalisme perjuangan dan wadah komunitas dalam mewarnai perkembangan dunia jurnalistik Indonesia. "Ground breaking akan dilakukan pada 13 Desember 2022, bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-85 Kantor Berita ANTARA," kata Direktur Utama Perum LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat terkait rencana perpindahan kantor pusat Perum LKBN Antara dari Wisma Antara ke Kompleks Pasar Baru, Minggu (16/10/2022).

Sekadar diketahui, Perum LKBN Antara didirikan pada 13 Desember 1937 oleh empat sekawan yaitu Adam Malik, AM Sipahoetar, Soemanang, dan Pandoe Kartawigoena, sebagai sarana menyuarakan perlawanan dan perjuangan melawan penjajah.

Baca juga: Lewat Webinar, LKBN Antara Bekali Jurnalis Tangkal Hoaks

Pemikiran moderen dan visioner dari empat sekawan itu saat mendirikan Antara menjadi inspirasi dari desain kompleks jurnalistik moderen tersebut, yang merupakan revitalisasi gedung bersejarah dari Perum LKBN Antara yang terletak di Jalan Antara, Pasar Baru, lokasi di mana 77 tahun lalu berita “Indonesia Merdeka” diselinapkan untuk disiarkan markonis ke seluruh penjuru oleh wartawan Antara.

“Perum LKBN Antara ‘kundur’ dengan membangun ikon baru yang mencerminkan transformasi sebuah kantor berita abad 21,” kata Meidyatama.

Dia menjelaskan bahwa ikon baru itu juga diharapkan menegaskan marwah pengabdian untuk Indonesia yang sudah ditunjukkan Antara bahkan sejak sebelum berdirinya republik.

Baca: Kompleks Jalan Pasar Baru Ditetapkan sebagai Kawasan Cagar Budaya

Perjalanan panjang Antara selama 85 tahun mengabadikan setiap peristiwa yang mendewasakan Republik akan memperoleh tempat terhormat dalam detil desain kompleks jurnalistik moderen itu yang akan merujuk pada fungsi yang ramah publik dan ramah lingkungan.

Selain itu, ikon baru ini dipastikan juga akan menjadi representasi sebuah upaya pelestarian sejarah, baik secara fisik maupun filosofis dalam arsitektur kontemporer yang menggarisbawahi transisi bangunan bersejarah menuju bangunan kontemporer mengingat lokasinya yang terletak di salah satu kawasan dengan banyak simbol sejarah atau budaya Jakarta, seperti Masjid Istiqlal, Katedral Jakarta, Gedung Kesenian Jakarta, dan Kompleks Pos Bloc.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3649 seconds (11.252#12.26)