Jaga Hubungan Baik dengan Jokowi, Pencopotan Zulfan Lindan Dinilai Tepat

Kamis, 13 Oktober 2022 - 19:51 WIB
loading...
Jaga Hubungan Baik dengan Jokowi, Pencopotan Zulfan Lindan Dinilai Tepat
Pengamat politik Universitas Esa Unggul Syurya Muhammad Nur menilai, pencopotan Ketua DPP Partai Nasdem Zulfan Lindan dinilai tepat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sikap tegas Ketua Umum (Ketum) Partai Nasdem Surya Paloh dengan mencopot Ketua DPP Partai Nasdem Zulfan Lindan dinilai tepat. Pasalnya, Nasdem merupakan partai pendukung pemerintah.

"Setelah membaca surat ini dan membacara beberapa berita, Surya Paloh tegas kepada kadernya terutama kepada Zulfan Lindan karena Nasdem adalah partai tengah secara ideologi. Namun secara politik memang pendukung pemerintah," kata pengamat politik Universitas Esa Unggul Syurya Muhammad Nur, Kamis (13/10/2022).

Menurut dia, pernyataan Zulfan yang menyebut Anies Baswedan sebagai antitesis Joko Widodo (Jokowi) dapat merusak hubungan Nasdem dengan pemerintah. Maka itu, apa yang dilakukan Surya Paloh sudah betul.



"Apa yang diungkapkan oleh Zulfan Lindan tidak mendukung status partai sebagai pendukung saat ini, walaupun Anies sudah deklarasi lewat Nasdem. Tujuan Nasdem terutama menaikan elektabilitas partai untuk keputusan politiknya diserahkan kepada Anies," kata dia.



Dia juga khawatir, jika Zulfan Lindan tidak diberikan sanksi bakal berbuntut panjang bagi kader yang ada di kabinet. Apalagi, kata dia, jika ada reshuffle kabinet.

"Karena kader Nasdem masih ada di kabinet, akan sangat bahaya secara politik apabila dibiarkan pernyataan-pernyatan Zulfan Lindan. Hak bicara memang sangat ada di Zulfan Lindan, namun secara kader partai haruslah mengikuti arah dan taat dengan partai," katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)