Mengenal 6 Pangkat Taruna Akpol, dari Cabhatar hingga Brigtar

Rabu, 12 Oktober 2022 - 15:52 WIB
loading...
Mengenal 6 Pangkat Taruna Akpol, dari Cabhatar hingga Brigtar
Terdapat enam pangkat taruna dalam Akademi Kepolisian (AKPOL) yang bisa diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat enam pangkat taruna dalam Akademi Kepolisian (AKPOL) yang bisa diketahui. Tingkatan pangkat tersebut berdasarkan pada jenjang pendidikan yang ditempuh.

Dilansir dari akpol.ac.id, sejak dikeluarkannya skep Kapolri No.Pol : Skep/389/IV/1999 tanggal 9 April 1999 tentang Akademi Kepolisian Mandiri, AKPOL secara resmi terpisah dari Akmil dan teknis administrasi juga lepas dari Mako Akademi TNI.

Baca juga : 11 Calon Taruna Akpol Jalani Tes Rikmin Awal di Polres Salatiga

Akademi Kepolisian saat ini telah menjadi wadah bagi para taruna dan taruni nusantara yang nantinya akan digembleng untuk jadi perwira Polri.

Dalam Akpol terdapat beberapa tingkatan taruna yang penting untuk diketahui. Untuk membedakan tingkatan ini dapat dilihat dari chevron yang dikenakan. Semakin banyak jumlah chevron maka semakin tinggi juga tingkatannya.

Berikut enam pangkat taruna Akpol :

1. Calon Bhayangkara Taruna (Cabhatar)

Pangkat ini disandang oleh taruna dan taruni yang telah dinyatakan lolos dalam sidang penetapan kelulusan akhir dalam seleksi penerimaan. Seragam untuk Cabhatar ini berwarna hijau yang nantinya akan melaksanakan pendidikan dasar resimen selama 3 bulan dan belum memiliki chevron.

2. Bhayangkara Taruna (Bhatar)

Tingkatan ini adalah AKPOL tingkat I yang telah menyelesaikan pendidikan dasar resimen. Pangkat ini merupakan yang terendah dalam AKPOL. Untuk menuju pangkat selanjutnya diperlukan waktu 2 sampai 3 bulan.

Chevron yang dikenakan Bhatar ini berbentuk Ujung panah ke atas.

3. Ajun Brigadir Taruna (Abrigtar)

Pangkat ini disematkan pada taruna AKPOL yang menempuh pendidikan di semester II selama 6 bulan. Chevron dari pangkat ini berbentuk anak panah ke atas dengan tambahan bagian melengkung di bawahnya.

Baca juga : Pimpin Wisuda 293 Taruna Akpol, Ini 5 Hal Penting Penekanan Kapolri

4. Brigadir Dua Taruna (Brigdatar)

Pangkat ini termasuk ke dalam pangkat menengah di AKPOL yang berada di tingkat II. Pendidikan di jenjang ini dapat ditempuh dalam waktu satu tahun.

Chevron dari pangkat ini berjumlah 4 buah, dua di atas dan dua di bagian bawah.

5. Brigadir Satu Taruna (Brigtuar)

Pangkat ini disematkan pada taruna tingkat III yang nantinya akan menempuh pendidikan selama satu tahun atau 2 semester.

Untuk chevron nya sendiri berjumlah 5 buah, terdiri dari 3 di bagian atas dan dua di bagian bawah.

6. Brigadir Taruna (Brigtar)

Brigtar menjadi pangkat paling tinggi di AKPOL yang juga menempuh pendidikan selama setahun atau 2 semester. Pangkatnya sendiri berada di tingkat IV di akademi. Dengan chevron berjumlah 6 buah, tiga di atas dan tiga di bawah.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)