Siklon Tropis, Wilayah Indonesia Masih Diselimuti Awan hingga Hujan

Rabu, 12 Oktober 2022 - 00:46 WIB
loading...
Siklon Tropis, Wilayah Indonesia Masih Diselimuti Awan hingga Hujan
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, bahwa 34 kota besar di Indonesia akan berawan hingga hujan pada Rabu (12/10/2022). Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa 34 kota besar di Indonesia akan berawan hingga hujan pada Rabu (12/10/2022).

Hal ini disebabkan oleh adanya bibit siklon tropis 98W yang berada di Laut China Selatan, sehingga meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia.

"Bibit siklon tropis 98W berada di Laut Cina Selatan yang menyebabkan terbentuknya daerah konvergensi di Laut Cina Selatan," kata Prakirawan BMKG Marlin Denata dalam keterangannya di akun Instagram @infobmkg, yang dikutip MNC Portal, Selasa (11/10/2022) malam.

Baca juga: Penjelasan BMKG Mengenai Hujan Es

Marlin menjelaskan, daerah konvergensi lain terpantau memanjang di Samudra Hindia barat daya Banten, dari Samudra Hindia barat Lampung hingga Jambi, dari Jawa Timur hingga Jawa Barat, dari Sulawesi Selatan hingga Teluk Tomini, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, dari Maluku Utara hingga laut Halmahera, di Papua Barat, dan dari Papua Nugini hingga Laut Arafuru.

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar bibit siklon tropis dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut," terangnya.

Adapun prakiraan cuaca di 34 provinsi, Marlin menjelaskan, untuk Sumatera diperkirakan hujan dengan intensitas ringan di wilayah Lampung, Pangkalpinang, Palembang dan Jambi.

Sedangkan Bengkulu dan Pekanbaru diperkirakan hujan disertai dengan petir. Lalu Tanjung Pinang diperkirakan hujan dengan intensitas ringan, dan hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terjadi di Medan.

"Waspadai potensi hujan disertai dengan petir bagi sobat yang berada di wilayah Padang dan bagi sobat yang berada di wilayah Aceh cuaca esok hari ini diperkirakan cerah berawan," ucapnya.

Di Jawa kata dia, hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Serang, sedangkan hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terjadi di Semarang dan Yogyakarta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1273 seconds (0.1#10.140)