Dukungan Duet Anies-AHY Dominan dari Konstituen Nasdem, Demokrat, PKS, dan PPP

Senin, 10 Oktober 2022 - 16:14 WIB
loading...
Dukungan Duet Anies-AHY Dominan dari Konstituen Nasdem, Demokrat, PKS, dan PPP
LSI Denny JA mengungkapkan pasangan Anies Baswedan-AHY menarik perhatian konstituen Partai Nasdem, Partai Demokrat, PKS, dan PPP. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - LSI Denny JA mengungkapkan pasangan Anies Baswedan -Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ) menarik perhatian konstituen Partai Nasdem, Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Konstituen empat partai tersebut dominan memilih Anies-AHY sebagai calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) 2024.

Peneliti LSI Denny JA Adjie Al-Farabi mengatakan, dukungan konstituen di masing-masing partai politik (parpol) adalah salah satu yang diuji dalam simulasi capres-cawapres di Pilpres 2024.

"Pemilih partai ini adalah konstituen partai ya, bukan anggota partai. Mereka memilih partai A, B, dan C dalam survei dan kemudian kami cross tab dengan pilihan capres, sehingga bisa terlihat ke mana larinya pilihan masing-masing parpol kepada simulasi capres-cawapres," ujar Adjie Al-Farabi dalam pemaparan hasil survei 'Pasangan Capres-Cawapres Paling Populer dan Prospeknya', Senin (10/10/2022).

Baca juga: Sekjen PDIP Heran Parpol Koalisi Pemerintah Usung Anies Capres 2024

Menurut Adjie, ada tiga pasangan yang disimulasi dan dianalisis. Ketiganya adalah Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto, Prabowo Subianto-Puan Maharani, dan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono.

"Pemilih PKS kita lihat mayoritas memilih Anies-AHY dengan 48,5%," kata Adjie Al-Farabi.

Hal serupa juga terlihat pada konstituen Partai Demokrat yang mayoritas memilih Anies-AHY sebanyak 48,8%. Partai Nasdem juga mayoritas ada 32,3% memilih Anies-AHY.

"Jadi tadi saya tegaskan bahwa survei ini kita lakukan sebelum deklarasi Nasdem terhadap Anies Baswedan. Namun dari sisi datanya memang pemilih Nasdem sejak awal, sebelum deklarasi lebih memilih pasangan Anies-AHY dibandingkan dua pasangan yang lain," kata Adjie Al-Farabi.



Yang menarik kata Adjie Al-Farabi adalah dukungan basis konstituen PPP mayoritas memilih paslon Anies-AHY. "PPP mayoritas memilih Anies AHY dengan 55,6%. Meskipun PPP saat ini lebih cenderung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tapi konstituen partainya lebih banyak mendukung Anies-AHY. Ini karena faktor karakter pemilih PPP lebih dekat dengan Anies Baswedan dibanding dua paket paslon lainnya," kata Adjie Al-Farabi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1585 seconds (0.1#10.140)