Gempa Banten Dipicu Deformasi Lempeng Megathrust-Benioff

Minggu, 09 Oktober 2022 - 18:23 WIB
loading...
Gempa Banten Dipicu Deformasi Lempeng Megathrust-Benioff
Plt Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono menyatakan, gempa Banten dipicu deformasi atau patahan pada slab lempeng di zona transisi Megathrust-Benioff. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gempa Banten yang terjadi, Minggu (9/10/2022) pukul 17.02 WIB dipicu deformasi atau patahan pada slab lempeng di zona transisi Megathrust-Benioff. Hal ini diungkapkan Plt Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

"Mag 5,5 selatan Banten petang ini diduga dipicu deformasi/patahan pada slab lempeng di zona transisi Megathrust-Benioff. Gempa ini diduga gempa Intra-slab (gempa dalam lempeng)," tulis Daryono di akun media sosial pribadinya, Minggu (9/10/2022).

BMKG mengatakan, pusat gempa berada di kedalaman 12 kilometer. Gempa Banten ini dipastikan tidak berpotensi tsunami.



Gempa dirasakan di sejumlah daerah di antaranya (MMI):III-IV Kab. Sukabumi, III Bayah, III Sukabumi, III Sagaranten, III Cianjur, III Panggarangan, III Ciptagelar, III Malingping, III Cihara, III Cibeber, III Cilograng, II-III Citeko, II-III Cisarua.

Kemudian, Skala II Pangandaran, II Ciputat, II Parung Panjang, II Pandeglang, II Majasari, II Serang, II Sawarna, II Tamanjaya, II Ujung Kulon, II Merak, II Tangerang, II Jakarta, II Depok.

Baca juga: Breaking News, Gempa Bumi Guncang Jakarta
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)