Pencapresan Anies oleh Nasdem Diprediksi Pengaruhi Partai Lain

Selasa, 04 Oktober 2022 - 10:52 WIB
loading...
Pencapresan Anies oleh Nasdem Diprediksi Pengaruhi Partai Lain
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dideklarasikan sebagai calon presiden (capres) oleh Partai Nasdem. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah dideklarasikan sebagai calon presiden (capres) Partai Nasdem . Deklarasi ini dinilai akan memengaruhi dinamika partai politik lainnya.

Pakar komunikasi politik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Nyarwi Ahmad mengatakan, Nasdem menjadi parpol pertama yang menabuh genderang kandidasi dalam Pilpres 2024.

"Nah, apakah apa yang dilakukan oleh Nasdem tersebut mampu menggoyahkan koalisi 3 partai KIB (Golkar, PPP dan PAN)? itu menarik juga untuk dicermati," kata Nyarwi kepada wartawan, Selasa (4/10/2022).



Nyarwi memprediksi langkah politik Nasdem itu mampu menggoyahkan soliditas KIB dan juga Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai partai politik pemenang Pemilu 2019.

"Atau sebaliknya, apakah apa yang dilakukan oleh Nasdem tersebut dapat memantik PDIP untuk lebih cepat memilih dan mengumumkan capres yang akan diusungnya dan membangun koalisi dengan partai lain? itu juga menjadi misteri yang ingin diketahui banyak orang," ujarnya.

Baca juga: Nasdem Deklarasi Anies Capres 2024, Jubir PKS: Doakan Kami Segera Menyusul
(abd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1852 seconds (10.101#12.26)