Tiba di Malang, Kapolri Bakal Jenguk Korban Tragedi Kanjuruhan

Minggu, 02 Oktober 2022 - 17:20 WIB
loading...
Tiba di Malang, Kapolri Bakal Jenguk Korban Tragedi Kanjuruhan
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tiba di Malang, Jawa Timur, Minggu (2/10/2022) sore. FOTO/DOK.MPI/RAKA DWI NOVIANTO
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tiba di Malang, Jawa Timur, Minggu (2/10/2022) sore. Sigit berencana langsung mengecek Stadion Kanjuruhan di Kepanjen, Kabupaten Malang, yang merupakan lokasi kerusuhan.

Tak hanya itu, Sigit juga diagendakan menjenguk korban kerusuhan Stadion Kanjuruhan. Para korban luka masih dilakukan perawatan medis di sejumlah rumah sakit di Malang.

"(Kapolri) Cek lokasi dan RS menjenguk korban dan rapat bersama dengan Menpora, Gubernur, dan Forkopimda serta Ketum PSSI dan staf," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo melalui pesan singkatnya, Minggu (2/10/2022).



Jenderal Sigit tiba di Malang sore ini bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Kedatangan Sigit dan Zainudin merupakan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menpora Zainudin Amali untuk terjun langsung melakukan investigasi terkait tewasnya ratusan orang buntut kerusuhan di Stadion Kanjuruhan. "Khusus kepada Kapolri saya minta melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini," kata Jokowi melalui pernyataan resminya.

Sebelumnya, Polda Jatim menyebut ada 127 orang yang meninggal dunia akibat kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabut (1/10/2022) malam. Kerusuhan terjadi usai pertandingan antara Arema FC versus Persebaya berakhir dengan skor 2-3. Pertandingan dimenangkan Persebaya Surabaya.

Baca juga: Jokowi Perintahkan Kapolri Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

Sebanyak 125 Aremania dan dua anggota Kepolisian dikabarkan menjadi korban tewas dalam insiden tersebut. Mayoritas korban meninggal dunia karena sesak napas dan terinjak-injak usai polisi melempar gas air mata untuk melerai kerusuhan.

"Dalam kejadian tersebut telah meninggal 127 orang, dua di antaranya anggota Polri, dan 125 yang meninggal, di stadion ada 34," kata Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta di Mapolres Malang.

Korban tewas akibat kerusuhan tersebut dikabarkan kembali bertambah. Para korban luka juga masih dilakukan perawatan intensif. Berdasarkan keterangan Presiden Jokowi, jumlah korban tewas bertambah menjadi 129 orang.

Sementara itu, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) memutuskan untuk menghentikan kompetisi BRI liga 1 2022/2023 selama sepekan. PT LIB menyampaikan dukacita mendalam terhadap para korban akibat peristiwa tersebut.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)