Wacana Pertemuan Airlangga-Puan Maharani Dinilai Upaya PDIP Cari Kawan Koalisi

Jum'at, 30 September 2022 - 06:50 WIB
loading...
Wacana Pertemuan Airlangga-Puan Maharani Dinilai Upaya PDIP Cari Kawan Koalisi
Meski sempat tertunda, Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam waktu dekat akan mengunjungi Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Meski sempat tertunda, Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam waktu dekat akan mengunjungi Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto .

Merespons hal ini, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menilai, pertemuan tersebut adalah sebagai upaya penjajakan yang dibangun PDIP terhadap Golkar.

Upaya itu dapat membuka kemungkinan untuk kedua partai besar itu bekerja sama dalam Pilpres 2024. "Semuanya dalam proses penjajakan tentu saja," kata Adi kepada wartawan, Jumat (30/9/2022).

"Sebelum janur kuning melengkung, sebelum ada yang bisa dipastikan siapa yang maju dan daftar ke KPU ya semuanya serba mungkin," tambahnya.

Baca juga: Target Menang Pilpres, Airlangga Kirim Sinyal ke Prabowo dan Puan

Menurut Adi, kunjungan tersebut adalah bagian dari komunikasi politik yang dilakukan Puan untuk memastikan tiket dan dukungan agar bisa berlaga pada kontestasi Pilpres 2024.

Karena kata dia, sejak awal PDIP menegaskan partainya tidak bisa maju sendirian meski sudah memenuhi 20% presidential threshold.

"Ini kan sebenarnya komunikasi politik yang dibangun oleh Puan untuk memastikan bisa maju dan bisa didukung oleh partai-partai politik yang lain. Kan inti dari komunikasi politik begitu. Pasti membawa kepentingan partai dan dirinya untuk bisa maju," tegasnya.

Adi menuturkan, jika komunikasi tersebut produktif dan mencapai kesepakatan politik, tidak menutup kemungkinan koalisi antara PDIP dan Golkar akan terbentuk.

"Kalau PDIP misalnya, dengan Golkar maju ya pasangannya dari PDIP dan Golkar kalau itu cocok ya koalisi terbentuk," ucap Adi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1400 seconds (11.210#12.26)