Perindo Nilai Pemilu Serentak Tahap Awal Keterlibatan Rakyat dalam Pembangunan Bangsa

Jum'at, 23 September 2022 - 19:46 WIB
loading...
Perindo Nilai Pemilu Serentak Tahap Awal Keterlibatan Rakyat dalam Pembangunan Bangsa
Wakil Ketua Umum DPP Partai Perindo, Ferry Kurnia Rizkiyansyah menilai prosesi penyelenggaraan pemilu merupakan tonggak awal pembangunan bangsa. FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum DPP Partai Perindo , Ferry Kurnia Rizkiyansyah menilai prosesi penyelenggaraan pemilu merupakan tonggak awal pembangunan bangsa. Proses yang menghasilkan pergantian kepemimpinan negara mulai dari tingkat daerah hingga nasional, bagi Ferry, tidak sekadar prosedural pergantian tetapi langkah awal perjuangan bangsa.

Ferry menyampaikan pandangannya tersebut saat mengisi diskusi webinar mingguan Partai Perindo. Untuk itu baginya, proses kepemiluan perlu memperhatikan keterlibatan masyarakat luas dalam setiap prosesi tahapannya.

"Pemilu tidak hanya menghasilkan pemenang saja, tetapi harus melahirkan wakil rakyat yang mampu melibatkan masyarakat luas untuk perubahan bangsa dan negara agar lebih maju ke depan," kata Ferry seperti yang ditayangkan dalam kanal youtube Partai Perindo, Jumat (23/9/2022).



Komitmen melibatkan masyarakat tersebut, Ferry mengungkapkan, menjadi komitmen Partai Perindo terhadap bangsa dan negara. Ia menekankan Perindo memandang pemilu harus dijalankan untuk memperkuat integritas bangsa.

"Untuk itu, kita harus menempatkan pemilu sebagai ruang demokrasi yang menegaskan soal integritas kebangsaan, soal bagaimana komitmen kita pada negara serta soal bagaimana komitmen moral kita pada cita-cita founding fathers kita, yang sesuai dengan komitmen kerakyatan yang ada," kata Ferry.

Maka dari itu, mantan Komisioner KPU tersebut menitikberatkan proses pemilu harus melibatkan segala elemen kerakyatan yang sesuai dengan sila kelima Pancasila, keadilan sosial. Ia menyebut isu nyata seperti isu hak-hak perempuan dalam politik atau kriteria calon legislatif yang sesuai dengan kompetensi dan integritas.

Baca juga: Webinar Perindo: Pengamat Sebut Tingkat Partisipasi Rakyat Terhadap Parpol Cukup Rendah

"Ketika kita melihat pemilu berkualitas menjadi hal penting yang kita gawangi bersama-sama, maka seluruh anak bangsa harus terlibat. Tidak hanya pada tantangan pada teknisnya, tetapi mempertegas substansi politik demi kemajuan bangsa," kata Ferry.

Seperti diketahui, Webinar Mingguan Perindo pada Jumat (23/9/2022) hari ini membahas tema "Beban Berat Mewujudkan Pemilu Berkualitas dan Bermartabat". Dalam diskusi tersebut, Ferry menjelaskan posisi perjuangan Partai Perindo dengan disandingkan bersama Rektor Universitas Sanata Dharma, Albertus Bagus Laksana; beserta Direktur Eksekutif Parameter Politik, Adi Prayitno.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1468 seconds (0.1#10.140)