BRIN Ingin Pameran InaRIE Dekatkan Generasi Muda ke Aktivitas Riset dan Inovasi

Kamis, 22 September 2022 - 19:27 WIB
loading...
BRIN Ingin Pameran InaRIE Dekatkan Generasi Muda ke Aktivitas Riset dan Inovasi
Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan menggelar Indonesia Research and Innovation (InaRIE) pada 27-30 Oktober mendatang. Pameran hasil riset dan inovasi terbaik bangsa Indonesia ini dilaksanakan di Gedung Innovation Convention Center, Kawasan Sains dan Teknologi, Cibinong, Jawa Barat.

"Melalui InaRIE, kami ingin agar generasi muda dapat menjadi lebih dekat dengan aktivitas riset dan inovasi agar menghasilkan berbagai invensi dan inovasi sebagai solusi permasalahan bangsa," kata Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/9/2022).

Handoko menandaskan, InaRIE merupakan even tahunan yang didukung penuh BRIN. Menurutnya, InaRIE merupakan ruang ekspresi dan apresiasi bagi para periset, inovator, dan inventor dari seluruh Indonesia, khususnya yang telah berhasil memberikan kontribusi bagi masyarakat dan negara.



"InaRIE bertujuan menjadi etalase kemajuan riset dan inovasi teknologi di Indonesia," katanya.

Plt Deputi Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN, R Hendrian menekankan, InaRIE akan memberikan pengalaman dan pengetahuan kepada para pengunjung, pelaku riset, pegiat teknologi, inovator, media massa, dan masyarakat umum. Lebih jauh lagi, InaRIE 2022 ingin berperan sebagai katalis yang tidak hanya mempromosikan, tapi merajut kerja sama mutualisme bagi semua institusi pendidikan dan industri.

Dalam InaRIE, bukan hanya periset BRIN yang menampilkan teknologi tapi juga UMKM binaan. "Karena ini adalah bagian dari kegiatan internasional, maka kita juga menggandeng UMKM dari luar negeri, khususnya Asia," katanya.

Hal itu dibuktikan dengan keikutsertaan startup dari negara ASEAN, termasuk Indonesia dalam ASEAN-India Startup Festival yang akan digelar sebagai rangkaian InaRIE.

Baca juga: Tunjangan Kinerja Pegawai BRIN Ditetapkan, Ini Rinciannya

Ketua Promotor InaRI Expo, Irwan Rahman mengatakan, InaRI Expo 2022 yang mengangkat tema 'Digital, Blue, Green Economy' juga secara khusus mendukung Presidensi G20 Indonesia. Secara khusus, InaRIE akan menampilkan konten terkait G20 dan memberikan ruang dan apresiasi kepada perusahaan swasta, BUMN, dan BUMD untuk turut berkontribusi.

Sebagai informasi, exhibitor baik dari dalam dan luar negeri seperti India, Afrika Selatan, dan Prancis akan turut berpartisipasi pada InaRI Expo 2022. Selain pameran riset dan inovasi, sejumlah kegiatan pendukung juga akan menjadi daya tarik khusus, antara lain business gathering, seminar, talkshow, klinik konsultasi, workshop, demo produk, dan kunjungan laboratorium BRIN.

Lalu kompetisi ilmiah remaja dan Halal Tech Forum mendukung InaRIE menjadi wahana untuk mendekatkan riset dan inovasi yang menarik bagi berbagai kalangan.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)