Prabowo Minta Unhan Teliti Solusi Atasi Krisis Air di NTB

Selasa, 20 September 2022 - 07:29 WIB
loading...
Prabowo Minta Unhan Teliti Solusi Atasi Krisis Air di NTB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengerahkan tim dari Universitas Pertahanan (Unhan) untuk meneliti teknologi sumber air guna mengatasi krisis air di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Foto: Ist
A A A
BOGOR - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengerahkan tim dari Universitas Pertahanan (Unhan) untuk meneliti teknologi sumber air guna mengatasi krisis air di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal ini dikatakan Prabowo di Unhan, Kompleks IPSC Sentul Bogor, Senin (19/9/2022).

"Saya memberi tugas kepada Unhan RI untuk mencari solusi-solusi yang real terhadap krisis air, pelajari sumber-sumber teknologi air (water study). Dan saya juga minta ada tim yang dikirim ke Pulau Moa. Selamat bertugas, ini tugas mulia, dalam situasi krisis kita harus mampu hadapi,” tegas Prabowo.

Tim tersebut terdiri dari dosen-dosen Fakultas MIPA dan Teknik Militer. Program riset ini merupakan bagian dari wujud pengabdian Unhan kepada masyarakat.





Sementara itu, Ketua Tim survei lapangan Plh Dekan Fakultas Logistik Militer Unhan Laksma TNI Agus Adriyanto dalam paparannya menjelaskan bahwa sasaran kegiatan ini di antaranya adalah meneliti sumber mata air baru yang ada di daratan maupun yang ada di pinggir pantai atau di laut. “Serta meneliti daerah-daerah yang memiliki densitas tinggi uap air atau kabut untuk menjadi alternatif teknologi baru,” ujarnya.

Adapun kegiatan ini akan memastikan sumber air yang sudah diteliti oleh Kementerian PUPR dan Korem 162/Wira Bhakti Mataram untuk dieksplorasi, eksploitasi dan disalurkan kepada desa-desa sekitar, termasuk perhitungan kebutuhan eksplorasi, eksploitasi dan pipanisasi sampai ke masyarakat.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2926 seconds (0.1#10.140)