Profil Sandiah Ibu Kasur, Pencipta Lagu-lagu Anak Legendaris Indonesia

Sabtu, 17 September 2022 - 05:39 WIB
loading...
Profil Sandiah Ibu Kasur, Pencipta Lagu-lagu Anak Legendaris Indonesia
Profil Sandiah atau akrab disapa Ibu Kasur pencipta lagu-lagu anak legendaris Indonesia akan diulas dalam artikel ini. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Profil Sandiah atau akrab disapa Ibu Kasur pencipta lagu-lagu anak legendaris Indonesia akan diulas dalam artikel ini. Ya, namanya memang sudah tidak asing lagi.

Sandiah atau Ibu Kasur lahir di Jakarta, 16 Januari 1926. Tanggal kelahirannya sempat diabadikan dalam Google Doodle pada Minggu 16 Januari 2022.

Wajah Bu Kasur juga pernah diabadikan dalam prangko 2.500 rupiah pada 2004. Tokoh pendidikan Indonesia sekaligus seorang seniman ini adalah istri Pak Kasur atau Soerjono.

Profil Sandiah Ibu Kasur, Pencipta Lagu-lagu Anak Legendaris Indonesia


Google Doodle memperingati hari lahir Sandiah atau yang lebih di kenal sebagai Bu Kasur dengan menampilkan sosok tokoh pendidikan nasional itu, Minggu (16/1/2022). Foto/Google



Semasa mudanya Pak Kasur dipanggil Kak Sur atau Kak Soer. Maka itu, Sandiah akrab disapa Ibu Kasur. Bu Kasur menikah dengan Pak Kasur pada 29 Juli 1946 di Yogyakarta.

Dikutip dari Majalah Jendela Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) edisi Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018, Bu Kasur menamatkan pendidikan di Meer Uirgetreid Lager Onderwijs (MULO) pada akhir 1930-an atau era kolonial Belanda.

Bu Kasur dan Pak Kasur adalah pasangan suami istri pencipta lagu dan sering tampil di berbagai acara radio dan televisi. Bu Kasur juga sering menjadi pembicara di seminar-seminar tentang dunia anak.

Profil Sandiah Ibu Kasur, Pencipta Lagu-lagu Anak Legendaris Indonesia

Pengunjung membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk dukungan pemberian gelar pahlawan nasional di bidang pendidikan dan tumbuh kembang anak kepada Pak Kasur dan Bu Kasur di kawasan Car Free Day (CFD) Bundaran HI, Jakarta, Minggu (10/11/2019). Foto: Isra Triansyah/MPI



Bu Kasur dan Pak Kasur mendirikan Taman Kanak-kanak (TK) Mini pada 1968. Setelah TK Mini berkembang, Bu Kasur dan Pak Kasur membentuk Yayasan Setia Balita pada 18 Agustus 1980 yang kini dilanjutkan putra-putri mereka.

Yayasan Setia Balita mengelola sekitar lima cabang TK Mini Pak Kasur dan mengasuh 1 TK Ceria Bangsa yang tersebar di wilayah Jakarta, Bekasi, Tangerang, Cibubur, dan Surabaya.

Banyak tokoh terkenal lulusan TK Mini Pak Kasur, di antaranya Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, pelawak Ateng atau nama lengkap Andreas Leo Ateng Suripto, pemerhati anak Kak Seto atau Seto Mulyadi, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Hayono Isman, dan Guruh Soekarnoputra.

Selain itu, Bu Kasur juga pernah menjadi pengasuh sebuah rubrik di majalah anak Bocil. Kemudian, Bu Kasur pernah membawakan acara edukasi anak-anak Taman Indria di TVRI pada awal 1970-an ketika televisi masih berwarna hitam putih.

Tak hanya itu, Bu Kasur juga pernah memandu kuis Hip Hip Ceria di RCTI. Kuis untuk anak-anak SD usia 3-6 tahun itu tayang pertama kali pada Minggu 1 Agustus 1993.

Tidak sedikit lagu diciptakan oleh Bu Kasur dan Pak Kasur. Di antaranya Kucingku, Main Sembunyi, Bertepuk Tangan, Balonku, Taman Kanak-kanak, Bangun Tidur, Sayang Semuanya, Lihat Kebunku, Dua Mata Saya, dan 1234.

Sejumlah penghargaan dari dalam negeri hingga luar negeri diberikan kepada Bu Kasur, di antaranya Bintang Budaya Para Dharma pada 1992 dan Centro Culture Italiano Premio Adelaide Ristori Anno II pada 1976 dari Pemerintah Italia.

Bu Kasur wafat di Rumah Sakit Cikini Jakarta pada 22 Oktober 2002 di usia 76 tahun karena serangan stroke. Bu Kasur dimakamkan di Desa Kaliori, Kalibagor, Banyumas, Jawa Tengah. Makam Bu Kasur tepat di samping makam Pak Kasur.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3332 seconds (0.1#10.140)