Profil Sandiah Ibu Kasur, Pencipta Lagu-lagu Anak Legendaris Indonesia

Sabtu, 17 September 2022 - 05:39 WIB
loading...
Profil Sandiah Ibu Kasur, Pencipta Lagu-lagu Anak Legendaris Indonesia
Profil Sandiah atau akrab disapa Ibu Kasur pencipta lagu-lagu anak legendaris Indonesia akan diulas dalam artikel ini. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Profil Sandiah atau akrab disapa Ibu Kasur pencipta lagu-lagu anak legendaris Indonesia akan diulas dalam artikel ini. Ya, namanya memang sudah tidak asing lagi.

Sandiah atau Ibu Kasur lahir di Jakarta, 16 Januari 1926. Tanggal kelahirannya sempat diabadikan dalam Google Doodle pada Minggu 16 Januari 2022.

Wajah Bu Kasur juga pernah diabadikan dalam prangko 2.500 rupiah pada 2004. Tokoh pendidikan Indonesia sekaligus seorang seniman ini adalah istri Pak Kasur atau Soerjono.

Profil Sandiah Ibu Kasur, Pencipta Lagu-lagu Anak Legendaris Indonesia


Google Doodle memperingati hari lahir Sandiah atau yang lebih di kenal sebagai Bu Kasur dengan menampilkan sosok tokoh pendidikan nasional itu, Minggu (16/1/2022). Foto/Google

Baca juga: Inilah 5 Pencipta Lagu Anak Legendaris di Indonesia

Semasa mudanya Pak Kasur dipanggil Kak Sur atau Kak Soer. Maka itu, Sandiah akrab disapa Ibu Kasur. Bu Kasur menikah dengan Pak Kasur pada 29 Juli 1946 di Yogyakarta.

Dikutip dari Majalah Jendela Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) edisi Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018, Bu Kasur menamatkan pendidikan di Meer Uirgetreid Lager Onderwijs (MULO) pada akhir 1930-an atau era kolonial Belanda.

Bu Kasur dan Pak Kasur adalah pasangan suami istri pencipta lagu dan sering tampil di berbagai acara radio dan televisi. Bu Kasur juga sering menjadi pembicara di seminar-seminar tentang dunia anak.

Profil Sandiah Ibu Kasur, Pencipta Lagu-lagu Anak Legendaris Indonesia

Pengunjung membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk dukungan pemberian gelar pahlawan nasional di bidang pendidikan dan tumbuh kembang anak kepada Pak Kasur dan Bu Kasur di kawasan Car Free Day (CFD) Bundaran HI, Jakarta, Minggu (10/11/2019). Foto: Isra Triansyah/MPI
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1666 seconds (11.210#12.26)