5 Kapolri Termuda Sepanjang Sejarah saat Menjabat, Ternyata Bukan Jenderal Listyo Sigit

Rabu, 14 September 2022 - 14:10 WIB
loading...
5 Kapolri Termuda Sepanjang Sejarah saat Menjabat, Ternyata Bukan Jenderal Listyo Sigit
Kapolri termuda sepanjang sejarah Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menorehkan beberapa nama. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kapolri termuda sepanjang sejarah Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menorehkan beberapa nama. Jenderal Listyo Sigit rupanya bukanlah yang teruda dari deretan nama Kapolri termuda.

Tak sedikit yang menyebut bahwa Kapolri saat ini, Jenderal Listyo Sigit telah menggeser nama Jenderal Tito Karnavian untuk menjadi Kapolri termuda di usianya yang ke 51 tahun 8 bulan.

Baca juga : Dipilih Jokowi, Komjen Listyo Sigit Pecahkan Rekor Kapolri Termuda

Melansir dari polri.go.id, sepanjang sejarah kepemimpinan Polri mulai dari Komisaris Jenderal Polisi Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo hingga Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo ini terdapat 25 Kapolri yang pernah menjabat.

Di antara ke 25 nama itu terdapat beberapa Jenderal Polisi yang bahkan belum genap berusia 50 tahun ketika dilantik sebagai Kapolri.

Berikut lima Kapolri termuda sepanjang sejarah saat menjabat :

1. Jenderal Polisi (Purn) Soetjipto Joedodihardjo

Haji Raden Mas Ngabehi Soetjipto Joedodihardjo lahir pada 27 April 1971 dan merukapak Kapolri ke 4. Dia menjabat sebagai Kapolri pada 9 Mei 1965, dimana pada saat itu usianya masih 48 tahun.

Prosesi pelantikannya sendiri dilakukan oleh Presiden Soekarno. Masa kepemimpinannya ini ternyata penuh dengan gejolak, karena pada masa itu merupakan transisi dari orde lama ke orde baru.

Pada saat itulah nama Nama Departemen Angkatan Kepolisian (Depak) diubah menjadi Kementerian Angkatan Kepolisian (Kemak)sehubungan dengan Keputusan Presiden 27 Maret 1966 tentang susunan Kabinet Dwikora yang disempurnakan. Masa jabatannya ini berakhir pada 15 Mei 1968.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1451 seconds (0.1#10.140)