Profil AKBP Dalizon, Mantan Kasubdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumsel yang Mengaku Wajib Setor ke Atasan

Selasa, 13 September 2022 - 16:23 WIB
loading...
Profil AKBP Dalizon, Mantan Kasubdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumsel yang Mengaku Wajib Setor ke Atasan
AKBP Dalizon, mantan Kasubdit Tipikor Ditreskrimus Polda Sumsel. Foto DOK Humas Polri
A A A
JAKARTA - AKBP Dalizon, mantan Kasubdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumsel belakangan ini menjadi perbincangan hangat usai mengeluarkan sebuah pengakuan yang mengejutkan.

Untuk diketahui, sebelumnya Dalizon tengah terjerat kasus suap atau gratifikasi atas paket pekerjaan proyek bermasalah di Dinas PUPR Musi Banyuasin tahun 2019.

Baca juga : Diduga Terima Suap, AKBP Dalizon Jalani Sidang di Pengadilan Tipikor Palembang

Dikutip dari pemberitaan MPI, sebelumnya mantan pejabat Polda Sumsel ini buka-bukaan terkait aliran dana suap proyek di PUPR Musi Banyuasin di persidangan. Dirinya menyebut bahwa aliran dana senilai ratusan juta yang harus disetor rutin setiap bulan ke atasannya.

“Dua bulan pertama saya wajib setor Rp300 juta ke Pak Dir. Bulan-bulan setelahnya, saya setor Rp500 juta sampai jadi Kapolres. Itu jatuh temponya setiap tanggal 5,” ujar Dalizon.

Lantas, siapakah sebenarnya Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Dalizon ini?

Melihat dari riwayatnya, AKBP Dalizon merupakan mantan Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU) Timur. Merujuk pada pangkat AKBP yang tersemat, Dalizon menjadi salah satu golongan Perwira Menengah Polri.

Berdasarkan surat telegram Kapolri Nomor ST/165/I/KEP./2022 tanggal 24 Januari 2022 yang ditandatangani oleh As SDM Polri Irjen Wahyu Widada atas nama Kapolri, AKBP Dalizon yang menjabat Kapolres OKU Timur dimutasi menjadi Yanma Polri dalam rangka evaluasi jabatan.

Selain itu, posisi Kapolres OKU Timur sementara dijabat oleh AKBP Nuryono yang sempat menduduki jabatan Kapolres Lubuk Linggau. Dalam kariernya di dunia kepolisian, Dalizon juga pernah menjabat sebagai Kasubdit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Ditreskrimsus Polda Sumsel.

Pencopotan dirinya sebagai Kapolres OKU Timur didasari terseretnya nama AKBP Dalizon dalam kasus suap atau gratifikasi proyek di PUPR Musi Banyuasin.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1418 seconds (11.252#12.26)