Ramai-ramai Prajurit Protes Effendi Simbolon, TNI AD: Tak Ada Instruksi

Selasa, 13 September 2022 - 15:14 WIB
loading...
Ramai-ramai Prajurit Protes Effendi Simbolon, TNI AD: Tak Ada Instruksi
Video memperlihatkan sejumlah prajurit TNI memprotes pernyataan anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon yang menyebut bahwa TNI seperti gerombolan beredar luas di media sosial. FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Video memperlihatkan sejumlah prajurit TNI memprotes pernyataan anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon yang menyebut bahwa TNI seperti gerombolan beredar luas di media sosial. Melalui video yang diunggah di akun instagram @jurnalmiliter, para tentara meminta Effendi Simbolon segera memohon maaf, serta memberikan klarifikasi atas pernyataannya tersebut.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Hamim Tohari menegaskan, tindakan protes yang dilakukan para prajurit itu bukan berdasarkan instruksi TNI AD.

"Saya sampaikan bahwa organisasi atau pimpinan TNI AD tidak pernah mengeluarkan instruksi atau perintah untuk melakukan hal tersebut," kata Hamim saat dihubungi MNC Portal, Selasa (13/8/2022).

Baca juga: KSAD Nyatakan Akur dengan Panglima TNI, Effendi Simbolon: Saya Bilang Disharmoni

Hamim menilai, tindakan prajurit tersebut merupakan reaksi yang muncul dari pernyataan Effendi Simbolon. "Mungkin saja itu terjadi sebagai reaksi spontan, bukan cuma dari prajurit, bahkan dari masyarakat juga, atas pernyataan seorang tokoh di ruang publik yang dianggap memancing kegaduhan," ucapnya.

Lebih lanjut Hamim mengungkap, di era serba digital seperti sekarang, siapa saja dapat menyampaikan pendapatnya melalui sosial media, tidak terkecuali prajurit TNI. "Saat ini siapa pun bisa menyampaikan dan mengakses apa pun melalui medsos," katanya.

Kendati demikian, Hamim mengatakan, pihaknya tetap akan memberikan imbauan dan pengarahan kepada para prajurit. Ke depannya, TNI juga menjadikan kejadian ini sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan langkah ke depan.

Baca juga: Disharmoni Panglima TNI dan KSAD, PDIP Sarankan Jokowi dan Prabowo Turun Tangan

"Sebagai organisasi, kita pasti akan mempelajari secara komprehensif setiap hal dan menjadikannya sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan langkah langkah berikutnya," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1656 seconds (0.1#10.140)