Sikapi Bonus Demografi, Ruang Anak Muda Ajak Pemuda Indonesia Saling Menginspirasi

Senin, 05 September 2022 - 17:53 WIB
loading...
Sikapi Bonus Demografi, Ruang Anak Muda Ajak Pemuda Indonesia Saling Menginspirasi
Direktur Eksekutif Ruang Anak Muda Robert Edy Sudarwan mengajak pemuda Indonesia untuk saling menginspirasi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Indonesia saat ini sudah mulai memasuki bonus demografi, di mana jumlah usia produktif lebih besar dari pada jumlah usia nonproduktif. Lebih spesifik, jumlah pemuda saat ini lebih dominan.

Menyikapi hal tersebut, Ruang Anak Muda mengajak para pemuda Indonesia untuk saling menginspirasi. Direktur Eksekutif Ruang Anak Muda Robert Edy Sudarwan mengatakan, Ruang Anak Muda akan menyelenggarakan lomba inspiratif untuk anak muda bertajuk Youth Competition yang merupakan rangkaian kegiatan Youthfulnesia 2022.

“Saya yakin sangat banyak anak muda Indonesia yang kreatif, karena itu Ruang Anak Muda berupaya memfasilitasi mereka, sehingga talenta yang ada dapat terangkat. Tentunya dengan karya inspiratif bagi pemuda Indonesia,” tutur Robert.

Baca juga: Pemerintah Diminta Optimalkan Bonus Demografi untuk Kemajuan Bangsa

Robert menjelaskan, ajang ini didedikasikan untuk menggali talenta anak muda Indonesia yang memang tumbuh dan berkembang di era digital. Karenanya untuk memperkuat jati diri bangsa, karya yang diperlombakan harus mengangkat nilai-nilai yang memberi inspirasi bagi ruang lingkup sosial dalam bernegara.

Baca juga: Puncak Bonus Demografi Indonesia Diperkirakan Tahun 2030

“Ada tiga kategori lomba, foto inspiratif, poster inspiratif dan video inspiratif. Karya yang dilombakan tentu harus orisinil dan harus inspiratif,” jelas Robert.

Robert menjelaskan panitia menyiapkan anggaran sebesar Rp65 juta untuk karya-karya terbaik, dengan hadiah utama senilai Rp10 Juta. Hadiah ini sebagai wujud apresiasi Ruang Anak Muda agar memotivasi pemuda Indonesia untuk memberikan inspirasi bagi pemuda lainnya melalui konten digital.

Lebih lanjut, doktor muda ini mengatakan Youthfulnesia 2022 diselenggarakan untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda (HSP) yang ke 94 tahun dengan mengangkat tema “Dari Anak Muda Indonesia Menginspirasi Dunia”.

“Kegiatan ini adalah wujud komitmen kami menjadikan Ruang Anak Muda sebagai ruangnya para anak muda Indonesia untuk mendunia, melalui hal-hal yang positif dan karya-karya yang inspiratif tentunya,” kata Robert.

Founder Startup Greatedu ini menambahkan, nantinya saat puncak Youthfulnesia 2022 pada 28 Oktober 2022 akan ada panggung inspirasi yang menghadirkan sejumlah tokoh nasional inspiratif. Pada saat itu juga, akan diberikan sejumlah penghargaan dan hadiah bagi para pemenang lomba.

"Agenda puncaknya saat peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94 tahun, akan ada Panggung Inspirasi yang menghadirkan sejumlah tokoh nasional sebagai pembicara inspiratif. "Untuk ketentuan teknis lomba foto, poster dan video inspiratif, dapat memantau akun sosial media Ruang Anak Muda," ucapnya.
(cip)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1375 seconds (10.177#12.26)