Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini: 34 Kota Besar Indonesia Berawan hingga Hujan Lebat

Senin, 05 September 2022 - 01:23 WIB
loading...
Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini: 34 Kota Besar Indonesia Berawan hingga Hujan Lebat
Prakiraan cuaca BMKG untuk hari ini 34 kota besar di Indonesia diprediksi berawan hingga hujan lebat. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) untuk Senin (5/9/2022), 34 kota besar di Indonesia diprediksi berawan hingga hujan lebat . Bahkan, lebih banyak yang diprediksi akan turun hujan yang disebabkan oleh sirkulasi siklonik di sekitar Samudera Hindia barat daya Banten dan sekitar Sulawesi.

"Saat ini terdapat sirkulasi siklonik yang berada di sekitar Samudera Hindia barat daya Banten dan juga di sekitar Sulawesi yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin yang memanjang di sekitar Samudera Hindia barat daya Banten dan juga memanjang dari Sulawesi Barat hingga laut sulawesi dan juga di Sulawesi bagian utara," kata Prakirawan BMKG Muhammad Irsal Yuliandri melalui Instagram @infobmkg yang dikutip MNC Portal Indonesia, Minggu 4 September 2022 malam.

"Daerah konvergensi lainnya tergantung panjang dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat kemudian di sekitar Maluku dan juga wilayah Papua. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan juga di sepanjang daerah konvergensi tersebut," sambungnya.

Untuk wilayah Sumatera, Irsal menjelaskan, Jambi dan juga Pekanbaru berpotensi kabut, Padang dan Bengkulu berpotensi berawan, untuk wilayah Banda Aceh dan juga Tanjung Pinang berpotensi hujan ringan.

"Kemudian perlu diwaspadai potensi hujan lebat di wilayah Medan dan Bandar Lampung, dan juga perlu diwaspadai potensi hujan yang dapat disertai kilat petir untuk wilayah Palembang dan juga Pangkalpinang," terangnya.

Selanjutnya di pulau Jawa, Irsal melanjutkan, untuk wilayah Surabaya, Yogyakarta dan Jakarta berpotensi cerah berawan hingga berawan. Kemudian untuk wilayah Serang dan Bandung berpotensi hujan ringan, dan potensi hujan sedang terdapat di wilayah Semarang.

Untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara, kata Irsal, untuk wilayah Denpasar dan Kupang berpotensi berawan, sementara untuk wilayah Mataram berpotensi hujan ringan.

Di wilayah Kalimantan, Irsal menjelaskan, untuk wilayah Pontianak berpotensi berawan tebal kemudian untuk wilayah Palangkaraya dan Samarinda berpotensi hujan ringan.



"Untuk Tanjung Selor dan Banjarmasin perlu diwaspadai adanya potensi hujan yang dapat disertai kilat dan petir," imbuhnya.

Di wilayah Sulawesi, sambung Irsal, untuk wilayah Makassar dan juga Kendari berpotensi berawan, untuk wilayah Palu dan Manado berpotensi hujan ringan. Perlu diwaspadai hujan disertai kilat petir di wilayah Gorontalo, potensi hujan lebat di wilayah Mamuju.

Dan wilayah Indonesia bagian timur, Irsal melanjutkan, Jayapura berpotensi cerah berawan, untuk wilayah Ternate dan Manokwari berpotensi hujan ringan. Dan untuk wilayah Ambon berpotensi hujan sedang.

"Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi sobat sekalian dalam mendukung segala aktivitas," ujarnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)