AHY: Jangan Menyalahgunakan Kebaikan dan Kesabaran Masyarakat Kita

Minggu, 04 September 2022 - 23:34 WIB
loading...
AHY: Jangan Menyalahgunakan Kebaikan dan Kesabaran Masyarakat Kita
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengingatkan pemerintah dan elite politik, bahwa masyarakat Indonesia sebenarnya sabar dan baik. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ) mengingatkan pemerintah dan elite politik , bahwa masyarakat Indonesia sebenarnya sabar dan baik. Namun, jangan sampai elite politik memanfaatkan kesabaran masyarakat itu.

"Tapi janganlah penguasa, janganlah elite politik menyalahgunakan kebaikan dan kesabaran masyarakat Indonesia ini," kata AHY dalam penutupan Sekolah Demokrasi (Sekdem) angkatan ke-5 yang diselenggarakan LP3ES di Jakarta, Minggu (4/9/2022). Baca juga: Masyarakat Indonesia Optimistis Ekonomi Segera Pulih

Kemudian, sambung AHY, masalah masyarakat sudah banyak. Seyogianya, kata dia, Pemerintah memperhatikan kesejahteraan masyarakat bukan justru sebaliknya.

"Cukup sudah masalah mereka. Ekonomi, penghasilan, daya beli yang tertekan. Banyak yang semakin miskin, banyak yang menganggur, dan pada akhirnya (anak-anak mereka) harus putus sekolah," kata AHY menjawab pertanyaan Nike Mutiara Fauziah, peserta dari Purwokerto, Jawa Tengah.



"Jangan ditambah-tambah dengan masalah ketidakadilan, masalah pembungkaman suara dan hal-hal lain yang terkait dengan kebebasan sipil lainnya," kata AHY.

Dalam paparannya sebelum diskusi, AHY menunjukkan, demokrasi dan pertumbuhan ekonomi bisa tumbuh seiring sejalan.

Ini terbukti dari naiknya pendapatan per kapita orang Indonesia sampai tiga kali lipat, bersamaan dengan berkembangnya demokrasi, terjaganya kebebasan berekspresi dalam periode 2004-2014, saat Indonesia dipimpin Presiden ke-6 RI SBY dan Demokrat memimpin koalisi pemerintahan.

"Demokrat punya pengalaman yang lengkap," kata AHY yang tampil segar dalam kemeja dan jas biru tanpa dasi. Baca juga: Ini Wujud Komitmen Pemerintah Pastikan Masyarakat Mudah Akses BBM

"Kami pernah menjadi bagian dari the ruling party selama 10 tahun, dan insyaallah selama 10 tahun ini menjadi partai oposisi. Jadi kami punya perspektif yang lengkap tentang berbagai aspirasi masyarakat," kata AHY, dalam diskusi yang dipandu Dr Wijayanto, Direktur Kajian Media dan Politik LP3ES.

Sekolah Demokrasi (Sekdem) merupakan program reguler yang diselenggarakan LP3ES sebagai ruang dialog dan berbagi di antara berbagai kelompok masyarakat sipil.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1455 seconds (11.97#12.26)