Survei: Popularitas Puan Tertinggi Kedua, 88,4% Responden Tahu Sosok Puan

Sabtu, 03 September 2022 - 13:10 WIB
loading...
Survei: Popularitas Puan Tertinggi Kedua, 88,4% Responden Tahu Sosok Puan
Popularitas Ketua DPR Puan Maharani terus meningkat, bahkan menduduki posisi dua teratas. Hal itu diketahui berdasarkan hasil survei terbaru dari KedaiKOPI. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Popularitas Ketua DPR Puan Maharani terus meningkat, bahkan menduduki posisi dua teratas. Hal itu diketahui berdasarkan hasil survei Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI).

Survei itu digelar pada 3-18 Agustus 2022 dengan metode face to face interview. Ada 1197 responden yang tersebar secara proporsional di seluruh wilayah Indonesia.



Meski kalah dari Prabowo, popularitas Puan mengungguli sejumlah tokoh lain seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (88 persen), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (87 persen), dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (81,7 persen).

Meski unggul secara popularitas, namun Kunto mengakui bahwa Puan masih kurang baik dari sisi favorabilitas atau tingkat kesukaan.

"Rasio favorabilitas dibandingkan popularitas Puan Maharani (0,57), berada di bawah Ganjar (0,89), Prabowo (0,81), dan Anies (0,77)," ucap Kunto.

Kunto menambahkan, pendukung Puan mempersepsikan bahwa Puan merupakan tokoh yang cerdas, orang yang baik dan tokoh Perempuan.

"Bagi yang tidak menyenangi Puan sebagai Presiden karena gendernya sebagai Perempuan dan dianggap tidak cocok menjadi pemimpin," katanya.

Selain itu, status Puan sebagai anak mantan Presiden juga menjadi ganjalan. Banyak responden yang cenderung menganggap remeh pencapaian politik Puan dan mengaitkan itu sebagai privilege anak mantan presiden. Selain mengukur popularitas, survei KedaiKOPI ini juga mengukur elektabilitas para kandidat.

Dalam metode survei terbuka di mana responden tak diberi pilihan nama calon, Puan Maharani berada di urutan tertinggi keempat meraih elektabilitas sebesar 9,6 persen. "Responden yang memilih Puan mengungkapkan alasan mereka bahwa Puan adalah sosok yang tegas dan berani serta cerdas," kata Kunto.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5285 seconds (0.1#10.140)