Mengenal Kodam serta 15 Wilayahnya di Indonesia

Kamis, 01 September 2022 - 06:28 WIB
loading...
Mengenal Kodam serta 15 Wilayahnya di Indonesia
Terdapat 15 Komando Daerah Militer atau Kodam di Indonesia yang perlu Anda diketahui. Foto/tniad.mil.id
A A A
JAKARTA - Terdapat 15 Komando Daerah Militer atau Kodam di Indonesia yang perlu Anda diketahui. Jumlah Kodam di Indonesia itu berdasarkan informasi dari situs resmi TNI Angkatan Darat ( AD ).

Lalu, apa yang dimaksud dengan Kodam? Kodam adalah Komando Utama Operasional (Kotamaops) yang bertugas menyelenggarakan operasi pertahanan dan keamanan negara matra darat di wilayahnya dalam rangka pengerahan dan penggunaan kekuatan TNI sesuai dengan kebijakan Panglima TNI.

Hal tersebut berdasarkan bunyi Pasal 51 ayat (1) Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 Tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2010 Tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia (TNI).





“Kodam dipimpin oleh Panglima Kodam disebut Pangdam yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Panglima TNI,” bunyi Pasal 51 ayat (2) Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 itu.

Sedangkan Pasal 51 ayat (3) menyebutkan bahwa Pangdam dibantu oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) dan Komandan Komando Resort Militer (Danrem). “Susunan organisasi Kodam dan satuan-satuan di bawahnya dibentuk secara berjenjang sesuai dengan kebutuhan,” bunyi Pasal 51 ayat (4) Perpres tersebut.

Berdasarkan informasi dari situs resmi TNI AD, terdapat 15 Kodam di Indonesia. Berikut 15 Kodam tersebut:



1. Kodam I/Bukit Barisan
Markasnya di Jalan Gatot Subroto Nomor KM 7, RW.5, Cinta Damai, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara. Wilayahnya meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Riau. Kodam I/Bukit Barisan membawahi lima Komando Resort Militer (Korem).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)