Ini Daftar 9 Nama Bakal Capres 2024 Rekomendasi Rakernas PAN

Minggu, 28 Agustus 2022 - 11:23 WIB
loading...
Ini Daftar 9 Nama Bakal Capres 2024 Rekomendasi Rakernas PAN
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menutup Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN 2022 dengan menerima usulan calon pemimpin nasional yang diusulkan oleh Dewan Pimpinan Wilayah PAN di Istora Senayan, Jakarta, pada Sabtu (27/8/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Partai Amanat Nasional ( PAN ) merekomendasikan sembilan nama bakal calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024 . Sembilan nama bakal Capres 2024 merupakan ketua umum partai politik, menteri, hingga kepala daerah.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menutup Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN 2022 dengan menerima usulan calon pemimpin nasional yang diusulkan oleh Dewan Pimpinan Wilayah PAN di Istora Senayan, Jakarta, pada Sabtu (27/8/2022).

Rakernas PAN merupakan rangkaian penutup dari Birukan Langit Indonesia Festival (BLIF) 2022, festival sekaligus gerakan sosial yang diinisiasi oleh generasi millenial dan gen Z dengan mempromosikan tiga tema, pembangunan berkelanjutan, pemberdayaan UMKM, dan bangga buatan lokal.

Dalam Rakernas PAN, Zulkifli Hasan menerima usulan calon pemimpin nasional yang diusulkan DPW PAN terdiri dari empat klaster yang nantinya akan dibahas di Rapimnas. Klaster yang pertama adalah Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Baca juga: Rakernas Sebut Anies dan Ganjar Bacapres 2024, Kader PAN Heboh



“Koalisi ini tentu memiliki peran dalam kontestasi politik mendatang, yaitu Pemilu 2024. Calon pemimpin yang diusulkan oleh DPW PAN adalah Airlangga selaku Ketua Umum Partai Golkar, Suharso Monoarfa dari PPP, dan Zulkifli Hasan dari PAN,” kata Zulkifli Hasan.

Dari klaster kedua dan ketiga yaitu klaster partai politik dan teknokrat. “Kalau dari klaster partai politik, yang kami terima adalah Puan Maharani PDI Perjuangan, sementara dari klaster teknokrat ada Erick Thohir Menteri BUMN,” ujar Zulkifli Hasan.

Klaster terakhir merupakan klaster pemimpin daerah yang mana telah terdapat empat nama yang diusulkan oleh Pimpinan Wilayah PAN. “Sementara untuk klaster pemimpin daerah, wilayah-wilayah mengusulkan Ganjar Pranowo (Jawa Tengah), Anies Baswedan (DKI Jakarta), Ridwan Kamil (Jawa Barat), dan Khofifah Indar Parawansa (Jawa Timur),” katanya.

Usulan nama-nama ini telah berdasarkan mekanisme musyawarah yang demokratis dimulai dari rapat kerja daerah (Rakerda), rapat kerja wilayah (Rakerwil), lalu kemudian yang diusulkan ke Rakernas. “Sembilan nama ini adalah usulan dari DPW yang diusulkan ke Rakernas, akan dibahas nanti pada waktunya untuk diputuskan di Rapimnas,” ujar Menteri Perdagangan ini.

Saat ditanya soal kelanjutan PAN terhadap usulan pimpinan daerah mengenai calon pemimpin, Zulkifli menjelaskan bahwa semua nama yang diusulkan tentu saja sudah representatif terhadap apa yang diinginkan pimpinan PAN di daerah. “Artinya ketokohan calon pemimpin ini pun juga sudah sejalan dengan apa yang diinginkan. Namun dalam implementasinya ini kan masih usulan daerah dalam Rakernas, pada saatnya DPP membahas di Rapimnas,” pungkasnya.
(rca)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1593 seconds (10.101#12.26)