KSAD Dudung: TNI Manunggal Membangun Desa Wujud Dukung Program Pemerintah

Kamis, 25 Agustus 2022 - 03:58 WIB
loading...
KSAD Dudung: TNI Manunggal Membangun Desa Wujud Dukung Program Pemerintah
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengatakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah wujud TNI dalam mendorong program pemerintah. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah wujud TNI dalam mendorong program pemerintah. Hal itu disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman pada acara penutupan TMMD ke-114 di Desa Panca Jaya, Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Dudung mengatakan, program TMMD tersebut telah berdiri sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD). Menurut Dudung, program tersebut adalah bentuk TNI dalam membangun sarana prasarana serta meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Oleh karenanya pelaksanaan TTMD selain mengerjakan sasaran fisik juga bagaimana kita meningkatkan produktifitas masyarakat di wilayah khususnya terkait masalah pertanian, kesehatan dan terutama masalah stunting ini menjadi konsentrasi kita bersama,” ujar Dudung dalam keterangannya dikutip Kamis (25/8/2022).

Lebih lanjut, Dudung menuturkan, program TMMD Ke-114 tahun 2022 khususnya yang dilaksanakan di wilayah Kodam VI/Mlw tahun ini, telah dikerjakan sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur.

Diantaranya, kata Dudung, yakni pembukaan badan, agregat, dan turap jalan, serta pembuatan jembatan kayu, sekaligus pembangunan infrastruktur tambahan lainnya berupa pembangunan pompa air irigasi, renovasi rumah ibadah dan rumah tidak layak huni. Baca juga: Tutup Turnamen Esports Piala KSAD 2022, Jenderal Dudung: Tularkan Semangat Berprestasi

Sedangkan sasaran non-fisik, tambah Dudung, yakni berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang bela negara, penyuluhan hukum, pencegahan Karhutla, pertanian, penularan Covid-19 dan kegiatan percepatan vaksin dosis 3, stunting, Posyandu dan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) penyakit tidak menular.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1201 seconds (0.1#10.140)