Tinjau Titik Nol IKN, KSAD Dianugerahi Gelar Adat Kakah Demong Agung Bela Negara

Senin, 22 Agustus 2022 - 21:54 WIB
loading...
Tinjau Titik Nol IKN, KSAD Dianugerahi Gelar Adat Kakah Demong Agung Bela Negara
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman dianugerahi gelar adat Kakah Demong Agung Bela Negara saat meninjau lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajem Paser, Kalimantan Timur. Foto/Dispenad
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dianugerahi gelar adat Kakah Demong Agung Bela Negara saat meninjau lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajem Paser, Kalimantan Timur.

Dudung pun menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa syukur atas kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat adat Kalimantan Timur. "Terima kasih atas gelar adat yang diberikan kepada saya. Pemberian gelar adat ini merupakan suatu kehormatan sekaligus amanah yang harus saya pertanggung jawabkan" kata Dudung, Senin (22/8/2022).

Untuk diketahui, gelar Kakah Demong Agung Bela Negara memiliki arti Pemimpin Yang Agung Pembela Negara. Pengenugerahan gelar adat diberikan oleh Aji Muhammad Jamawi yang merupakan Sultan Muhammad Alamsyah III dari Kesultanan Paser.



Menurutnya, penganugerahan gelar adat kepada Dudung merupakan wujud penghormatan kepada mantan Pangkostrad tersebut sebagai pemimpin.



"Penganugerahan gelar adat ini merupakan wujud penghormatan kepada sosok Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai pemimpin yang dapat menjaga keutuhan serta keamanan bangsa dan negara," ucapnya.

Gelar adat ini merupakan gelar ke-10 yang diterima Dudung selama menjabat dan mengunjungi berbagai daerah di Indonesia. Seusai acara pemberian gelar, Dudung berkesempatan membagikan bantuan sembako kepada masyarakat keluarga stunting di Titik Nol IKN serta memberikan piagam penghargaan kepada prajurit Denjasa Ang VI-44-13/Bekangdam VI/Mlw yang berhasil menyelamatkan 28 murid, dan guru penumpang perahu yang tenggelam saat pulang dari sekolah di perairan Balikpapan beberapa waktu yang lalu.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4860 seconds (0.1#10.140)