BNPB Catat 36 Kejadian Bencana dalam Sepekan, Karhutla Mendominasi

Selasa, 23 Agustus 2022 - 09:59 WIB
loading...
BNPB Catat 36 Kejadian Bencana dalam Sepekan, Karhutla Mendominasi
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan dalam sepekan terakhir per periode 15 sampai 21 Agustus 2022 tercatat 36 kali kejadian bencana. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan dalam sepekan terakhir per periode 15 sampai 21 Agustus 2022 tercatat 36 kali kejadian bencana. Bencana paling dominan yaitu kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Dalam kurun 15 sampai 21 Agustus, tercatat 36 kali kejadian bencana yang sekali lagi ini semuanya ini kategori bencana hidrometeorologi basah," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dikutip dari keterangan resminya, Selasa (23/8/2022).

"Di mana dua minggu berturut-turut kita melihat kebakaran hutan dan lahan di sini menjadi dominan meskipun dari sisi manusia terdampak itu tidak terlalu banyak," tambahnya.



Setelah kebakaran hutan dan lahan,Abdul mengatakan, pihaknya mencatat kejadian banjir 9 kali, cuaca ekstrem 9 kali, dan tanah longsor dua kali.

Sementara itu, jika dilihat distribusinya bencana karhutla terjadi di Aceh yaitu di pesisir barat, Aceh Barat Daya dan Aceh Selatan, kemudian di Riau, ada di Rokan Hulu, di Sumatera Selatan, kemudian sebagian Kalimantan dan juga ada beberapa tempat di Jawa Timur.

"Di Jawa Timur ini bukan daerah gambut tetapi mungkin karena kekeringan yang cukup bisa memicu kebakaran hutan dan lahan, ini juga sempat terjadi dua kali di Mojokerto dan Situbondo," paparnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2584 seconds (0.1#10.140)