Tradisi Penciuman Panji, 493 Perwira Remaja TNI AD Resmi Dilantik

Selasa, 23 Agustus 2022 - 01:49 WIB
loading...
Tradisi Penciuman Panji, 493 Perwira Remaja TNI AD Resmi Dilantik
Tradisi mencium panji TNI AD menandai secara resmi seorang menjadi prajurit TNI AD. Foto/dispenad
A A A
JAKARTA - Sebanyak 493 perwira remaja lulusan taruna Akademi Militer (Akmil) dan Sekolah Perwira Prajurit Karier (Sepa PK) tahun 2022 resmi dilantik menjadi prajurit TNI AD . Pelantikan ditandai dengan tradisi penciuman panji TNI AD.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman berharap prosesi penciuman panji TNI AD 'kartika Eka Paksi' dapat menanamkan rasa memiliki, mencintai, serta tanggung jawab terhadap Angkatan Darat.

Tradisi Penciuman Panji, 493 Perwira Remaja TNI AD Resmi Dilantik

Foto/dispenad

"Melalui prosesi penciuman panji TNI AD 'kartika Eka Paksi', diharapkan para perwira dapat menghayati dan menanamkan jiwa rasa memiliki, mencintai serta bertanggung jawab terhadap nama baik Angkatan Darat, sehingga tergerak niat dan tekad untuk berbuat yang terbaik bagi satuan, masyarakat, bangsa dan negara," kata Dudung dalam pembekalan tertulis yang dibacakan Wakil KSAD Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto di Mabesad, Jakarta Pusat, Senin (22/8/2022).

Melalui pembekalan tertulisnya, Dudung menekankan kepada perwira remaja untuk selalu memedomani Kode Etik Perwira “Budi Bhakti Wira Utama” sebagai nilai moral, dan spiritual dan sebagai pemimpin harus berani mengambil keputusan, berinovasi, dan kreatif serta berbuat yang terbaik saat menjalankan perintah.

Baca juga: Proses Hukumnya Problematis, Bagaimana Kelanjutan Pelaporan KSAD Dudung?

“Jadilah pemimpin yang selalu hadir di tengah-tengah anggota pada masa kritis dan sulit, serta berani lah mengambil keputusan, berinovasi, dan kreatif dalam melaksanakan tugas, serta perkaya diri dengan berbagai pengalaman,” kata Dudung.

Pada akhir pembekalannya, Dudung memberikan tips kunci sukses bagi seorang pemimpin agar berhasil dalam melaksanakan tugasnya. Pertama, menguasai tugas pokok dan sasaran yang harus dicapai. Kedua, memahami segala macam keterbatasan yang ada dalam satuan dan diri sendiri. Ketiga, memahami dan menguasai unsur-unsur manusia.



“Kalau ada anggota kalian yang berbuat salah, jangan lah kalian marah atau mengamuk, karena sebetulnya apabila ada kesalahan, sebagian kecil kesalahan itu ada bagian kesalahan dari pimpinan,” ujarnya.

Untuk diketahui, acara tradisi penerimaan perwira remaja yang diikuti oleh 493 orang dari lulusan taruna Akmil dan Sekolah Perwira Prajurit Karier (Sepa PK) tahun 2022 ini, diisi dengan berbagai kegiatan antara lain pembekalan organisasi Angkatan Darat oleh Asisten Perencanaan (Asrena) Kasad Mayjen TNI Kasuri, pembekalan tradisi sejarah perjuangan bangsa dan TNI AD oleh Kadisjarahad Brigjen TNI R.L. Simandjuntak dan tradisi pengenalan lingkungan Mabesad.
(muh)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1108 seconds (10.177#12.26)