KLHK Terus Berupaya Tumbuhkan Minat Generasi Muda Menjaga Lingkungan

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 20:10 WIB
loading...
KLHK Terus Berupaya Tumbuhkan Minat Generasi Muda Menjaga Lingkungan
Wakil Menteri LHK, Alue Dohong. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) secara konsisten terus mendorong generasi muda agar sadar untuk menjaga lingkungan. Upaya yang dilakukan KLHK yakni dengan menyelenggarakan Lomba Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang tahun ini memasuki tahun ketiga.

Penyelenggaraan perlombaan dipilih sebagai cara untuk mendorong generasi muda tidak hanya menjadi agent of change, tetapi juga mengaktualisasi peran generasi saat ini sebagai kolaborator.

Wakil Menteri LHK, Alue Dohong mengatakan, generasi muda perlu disediakan wadah diskusi dan interaksi dua jalur, sehingga tercipta interaksi yang efektif. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, perlombaan hari lingkungan hidup di tahun ketiga telah juga memasukan inovasi ruang diskusi.

"Dan mentoring antara peserta dengan pakar/ahli untuk memastikan peserta tidak hanya mendapatkan semangat kompetisi tetapi juga nilai tambah pengetahuan dan internalisasi nilai positif perlindungan dan pengelolaan," kata Alue Dohong dalam keterangannya, Sabtu (20/8/2022).

"Kita ingin ada para pemenang ini menjadi local hero, local champion yang ke depan akan menjadi motivator bahkan inspirator bagi rekan rekannya di lingkungan atau di lingkungan masyarakat yang lebih luas dengan demikian kita berharap akan banyak orang-orang yang menjadi semacam pahlawan lokal," tambahnya.

Melalui perlombaan ini seluruh peserta ditantang untuk mengaktualikasi ide Kampanye Satu Bumi Untuk Masa Depan yaitu aksi lingkungan kolektif dan transformatif dalam skala global untuk merayakan, melindungi, dan memulihkan bumi.

Pelaksanaan rangkaian perlombaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang terdiri dari Lomba Desain Pemulihan Lingkungan, Lomba Video Sinematik Lingkungan, dan Lomba Karya Tulis merupakan salah satu upaya dari KLHK untuk mendorong generasi muda untuk menggabungkan momen revolusi digital untuk berkolaborasi tidak hanya bersifat gagasan tetapi ide yang langsung dapat diterapkan.

Rangkaian kegiatan lomba Hari Lingkungan Hidup tahun ini telah dimulai pada bulan Februari 2022 hingga awal Agustus 2022. Hal yang membedakan dari penyelenggaraan tahun sebelumnya yaitu pelaksanaan pelatihan Boothcamp atau Masterclass sebagai additional value program untuk memberikan pembekalan ilmu dan muatan teknis lomba.

Peserta diberikan pembekalan berupa, berbagi pengalaman dari para pakar serta diskusi interaktif.
Para pemenang lomba diumumkan pada Webinar Apresiasi Lomba Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022 sekaligus peringatan HUT ke-77 RI yang diselenggarakan pada Kamis, 18 Agustus 2022. Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong.

Acara apresiasi diselenggarakan secara daring melalui Zoom dan Live Streaming di Youtube Ditjen PPKL ini dihadiri oleh seluruh peserta lomba, Dewan Juri, para Pejabat lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi dan Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia, serta masyarakat umum.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1671 seconds (11.97#12.26)