HUT ke-77 RI, Jokowi Ajak Masyarakat Bersatu Dukung Agenda Besar Wujudkan Indonesia Maju

Rabu, 17 Agustus 2022 - 08:19 WIB
loading...
HUT ke-77 RI, Jokowi Ajak Masyarakat Bersatu Dukung Agenda Besar Wujudkan Indonesia Maju
Presiden Jokowi mengepalkan tangan saat menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD Tahun 2022 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). FOTO/MPI/ARIF JULIANTO
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada hari ini, Rabu, 17 Agustus 2022. Presiden meminta kepada semua pihak bersatu dan mendukung penuh agenda besar untuk mencapai tujuan Indonesia maju.

"Mari bersatu padu mendukung agenda besar pencapaian Indonesia Maju, dengan komitmen dan kerja keras, dengan inovasi dan kreativitas. Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat," ujar Jokowi dikutip dari akun Twitternya, Rabu (17/8/2022).

"Dirgahayu Republik Indonesia!," tambahnya.



Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan lima agenda besar nasional dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2022 di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, pada Selasa, 16 Agustus 2022.

Agenda pertama adalah hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam yang harus terus dilakukan. Presiden mencontohkan hilirisasi nikel yang telah meningkatkan ekspor besi baja 18 kali lipat dan menjadikan Indonesia sebagai produsen kunci dalam rantai pasok baterai litium global.

"Setelah nikel, pemerintah juga akan terus mendorong hilirisasi bauksit, hilirisasi tembaga, dan hilirisasi timah. Kita harus berani, kita harus membangun ekosistem industri di dalam negeri yang terintegrasi, yang akan mendukung pengembangan ekosistem ekonomi hijau dunia," ujar Presiden.

Agenda kedua, Jokowi mengatakan bahwa pemerintah akan terus meningkatkan optimalisasi sumber energi bersih dan ekonomi hijau. Salah satunya melalui pembangunan kawasan industri hijau di Kalimantan Utara yang diyakini akan menjadi Green Industrial Park terbesar di dunia.

Baca juga: Presiden Jokowi Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kalibata

"Saya optimis, kita akan menjadi penghasil produk-produk hijau yang kompetitif di perdagangan internasional," katanya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1164 seconds (10.101#12.26)