Pengamat Yakin Prabowo-Cak Imin Akan Diusung sebagai Capres-Cawapres 2024

Minggu, 14 Agustus 2022 - 11:42 WIB
loading...
Pengamat Yakin Prabowo-Cak Imin Akan Diusung sebagai Capres-Cawapres 2024
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar bersalaman di Gedung KPU usai mendaftarkan partainya masing-masing sebagai calon peserta Pemilu 2024 di Jakarta, Senin (8/8/2022). FOTO/ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
A A A
JAKARTA - Prabowo Subianto dan Abdul Muhaimin Iskandar dinilai figur yang paling berpotensi diusung oleh Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Dua sosok tersebut merupakan pimpinan dari dua partai tersebut.

"Mengamati dinamika saat ini potensi terbesarnya untuk diusung koalisi Kebangkitan Indonesia Raya, Prabowo-Cak Imin. Alasannya, kedua tokoh merupakan ketua umum parpol masing-masing," kata Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA) Fadhli Harahab saat dihubungi MPI, Minggu (14/8/2022).

Tak hanya sebagai pimpinan, Fadhli merasa elektabilitas Prabowo juga dinilai tinggi. Hal itu didasari lantaran nama Menteri Pertahanan itu kerap masuk dalam daftar calon presiden potensial di papan survei. Fadhli merasa adanya koalisi itu akan menunjang elektabilitas Prabowo.



"Sebab, basis massa PKB yang sebagian besar merupakan nahdiyin sudah sangat lekat dengan figur Prabowo. Beliau kerap menyambangai para kiai dan pondok pesantren," katagnya.

Sebagai informasi, Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar secara resmi menandatangani piagam kerja sama untuk kontestasi Pilpres 2024. Piagam kerja sama politik kedua partai itu diteken di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022).

Dalam sambutannya, Prabowo mengajak kader dari kedua partai memberi contoh bagi rakyat Indonesia untuk membangun koalisi yang penuh kerukunan, jiwa besar, dan riang gembira serta penuh dengan tekad ingin menciptakan perdamaian, kerukunan, saling menghormati, dan mengasihi.

Baca juga: Momen Prabowo Disapa Pimpinan Ponpes Lirboyo di Acara Gerindra-PKB: Ini NU Banget

"Kita bangun kerja sama politik. Kita ingin merangkul semua pihak. Kita ingin memberi kepastian dan kesejukan bagi rakyat Indonesia," ujar Prabowo dalam pidatonya, Sabtu (13/8/2022).

Prabowo mengatakan Gerindra dan PKB membuka partai lainnya untuk bekerja sama. Sebab, ia meyakini semua partai di Indonesia adalah anak bangsa yang cinta dengan Tanah Air.

"Kita ingin kumpulkan putra-putri terbaik bangsa Indonesia apa pun sukunya, rasnya kelompok etnisnya, agamanya asal cinta bangsa negara, cinta NKRI," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)