Pupuk Nasionalisme, Wamendagri Serahkan Bendera Merah Putih kepada Masyarakat Aceh

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 21:56 WIB
loading...
Pupuk Nasionalisme, Wamendagri Serahkan Bendera Merah Putih kepada Masyarakat Aceh
Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo secara simbolis menyerahkan Bendera Merah Putih kepada masyarakat Provinsi Aceh di Tamansari Bustanus Salatin, Kota Banda Aceh, Sabtu (13/8/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo secara simbolis menyerahkan Bendera Merah Putih kepada masyarakat Provinsi Aceh di Tamansari Bustanus Salatin, Kota Banda Aceh, Sabtu (13/8/2022). Kegiatan itu merupakan rangkaian dari Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang diinisiasi Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri untuk menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Bendera Merah Putih secara simbolis diberikan kepada Pimpinan DPR Aceh, Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, dan kepala daerah se-Provinsi Aceh. Selain itu, bendera juga diserahkan kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh pelajar.

Dalam sambutannya, Wempi mengaku ditugaskan Mendagri Tito Karnavian untuk membagikan bendera di Provinsi Aceh, sekaligus mengenalkan dirinya kepada masyarakat Aceh. "Pak Wamen ke Aceh supaya bisa dikenal oleh rakyat, karena orang gelap seperti saya (Wempi) ada mengokohkan persatuan Republik Indonesia," kata Wempi menirukan pesan Mendagri.





Kehadirannya sebagai orang timur Indonesia di wilayah Aceh memberikan harapan besar bahwa dari ujung timur hingga barat Indonesia merupakan bagian dari NKRI. Menurutnya, Aceh maupun Papua merupakan bagian dari kekuatan besar yang dimiliki Indonesia.

"Memang saya lebih gelap (kulitnya), karena saya berada di paling ujung timur Indonesia yang melihat matahari lebih duluan dari Bapak/Ibu sekalian," ujar Wempi.

Kepercayaan yang diberikan Presiden kepadanya untuk menjadi Wamendagri turut mengokohkan keyakinan bahwa generasi muda Aceh juga memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pemimpin di Indonesia. "Saya mewakili masyarakat dari timur Indonesia yang diberi mandat kepercayaan oleh Bapak Presiden, ternyata orang timur seperti saya juga diberi kesempatan oleh negara untuk bisa menjadi pemimpin bangsa di republik ini," ujarnya.

Dia mengatakan, Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih merupakan upaya untuk memupuk semangat nasionalisme. Terlebih, Agustus identik sebagai bulan kemerdekaan karena pada 17 Agustus 1945 Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya dari para penjajah. "Tanggal 17 Agustus merupakan hari berbahagia seluruh rakyat Indonesia, dan membuat kita bersyukur dapat menikmati hidup sebagai bangsa yang diakui sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia dalam naungan NKRI," ujar Wamendagri.

Karena itu, sudah seharusnya setiap peringatan HUT Kemerdekaan menjadi momentum untuk memupuk nasionalisme atau rasa cinta dan bangga terhadap negara Indonesia. Dengan tumbuhnya rasa nasionalisme itu, kata Wempi, diharapkan akan menuntun semangat masyarakat dalam memberikan kontribusi terhadap negara melalui perannya masing-masing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2610 seconds (0.1#10.140)