Wujudkan Indonesia Emas 2045, Jokowi Jalankan Lima Strategi Manfaatkan Bonus Demografi

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 20:02 WIB
loading...
Wujudkan Indonesia Emas 2045, Jokowi Jalankan Lima Strategi Manfaatkan Bonus Demografi
Presiden Jokowi telah membuat berbagai strategi untuk memanfaatkan bonus demografi untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintahan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) telah membuat berbagai strategi untuk memanfaatkan bonus demografi. Hal itu dilakukan sebagai upaya mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Saat ini, Presiden Jokowi telah menjalankan lima strategi untuk memaksimalkan pemanfaatan bonus demografi yang mencakup program intervensi di bidang kesehatan, pendidikan, dan perlindungan sosial.

Akademisi Universitas Gadjah Mada (UGM) Muhammad Waziz Wildan mengatakan Jokowi menyiapkan fasilitas untuk mewujudkan visi besar tersebut. Sebab diyakini Indonesia memiliki potensi sumber daya manusia (SDM) unggul dan kompetitif.

Baca juga: Wujudkan Indonesia Emas 2045, Jokowi Dinilai Punya Kapabilitas Bangun SDM Bangsa

"Pemerintah sudah menyiapkan semua perangkat-perangkat yang dibutuhkan untuk menuju ke sana. Harapan kita 2045 Indonesia akan menjadi negara maju," kata Waziz Wildan, Jumat (12/8/2022).

Baca juga: Moeldoko: Hari Anak Nasional Momentum Wujudkan Generasi Emas 2045

Waziz menambahkan kondisi demikian merupakan sebuah tantangan besar yang harus dihadapi bersama. Seperti dengan terus mengoptimalkan potensi dari para generasi muda salah satunya mahasiswa.

Untuk itu dia berharap agar seluruh elemen bangsa agar senantiasa mendukung setiap strategi pemerintah. Sehingga dapat mencapai target tujuan mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

“Pemerintah sudah menyiapkan semua perangkatnya, tinggal nanti masyarakat menyambut dan men-support, terutama mahasiswa. Mereka yang akan menyongsong dan berperan besar untuk mencapai kesana," papar Waziz Wildan yang juga merupakan pembina Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP)

Menurut dia upaya pemerintah dalam menghadapi bonus demografi dapat menghasilkan dampak baik pada kehidupan masyarakat. Selain juga harus terus mendapat dukungan dari semua komponen bangsa termasuk generasi muda. "Nantikan 2030 kita akan mendapatkan bonus demografi, ini menjadi tantangan juga buat kita," terang Waziz.
(cip)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1306 seconds (10.177#12.26)