Tangkal Hoaks Makanan dan Minuman, BPOM Susun Strategi Ini

Kamis, 11 Agustus 2022 - 00:20 WIB
loading...
Tangkal Hoaks Makanan dan Minuman, BPOM Susun Strategi Ini
Kepala BPOM RI Penny K Lukito. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala BPOM RI Penny K Lukito menyebutkan pihaknya tengah menyusun strategi Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) guna mencegah masyarakat terpapar hoaks seputar produk obat dan makanan.

Menurut dia, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat memberi ruang penyebaran informasi tanpa batas ruang dan waktu. Selain itu, era disrupsi digital juga mengubah perilaku masyarakat dalam mencari informasi.

Kemudian untuk memperoleh produk obat dan makanan yang kini banyak mengandalkan media elektronik. Baca juga: BPOM Gelar Pameran Produk Probiotik

”Tantangan di era disrupsi digital menuntut adanya inovasi pola KIE yang lebih adaptif dan efektif sesuai dengan perkembangan teknologi, serta perubahan sosial, politik, ekonomi, dan budaya terkini,” kata Penny dalam keteranganya, dikutip Kamis (11/8/2022).

Penny menambahkan kini tengah menjamur kanal informasi yang belum bisa menjamin kebenaran informasi seputar obat dan makanan. Oleh sebab itu, BPOM menyusun strategi KIE obat dan makanan serta modul sebagai pedoman dalam menyediakan.

Lalu menyebarkan informasi obat dan makanan yang kredibel bagi masyarakat. BPOM pun memperkenalkan identitas KIE obat dan makanan, yaitu "KataBPOM" dengan tagline "Bukan Kata Orang, Pastikan KataBPOM".



Identitas tersebut diharapkan makin memudahkan masyarakat untuk mengenali informasi dari BPOM sebagai sumber informasi obat dan makanan yang akurat dan terpercaya.

”Strategi KIE Obat dan Makanan tidak akan berjalan efektif tanpa koordinasi dan kolaborasi yang solid antar unit di lingkungan BPOM, serta antara BPOM dengan stakeholders,” ujar Penny.
(ams)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1853 seconds (10.101#12.26)