Ini Dia Perempuan Pendekar TNI AL, Juara Pencak Silat Dunia

Minggu, 07 Agustus 2022 - 08:01 WIB
loading...
Ini Dia Perempuan Pendekar TNI AL, Juara Pencak Silat Dunia
Serda Jeni Elvis Kause, prajurit TNI AL yang menjadi juara dunia pencak silat. Foto/tnial.mil.id
A A A
JAKARTA - TNI patut berbangga. Di balik tugas berat mengamankan wilayah Indonesia, TNI punya atlet-atlet bertaraf internasional seperti Jeni Elvis Kause. Dia merupakan prajurit Korps Wanita TNI AL (Kowal) Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Maumere, Lantamal VII Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Akhir Juli 2022 lalu, Jeni yang berpangkat sersan dua (serda) itu berhasil menorehkan prestasi sebagai juara dunia pencak silat. Tidak tanggung-tanggung titel juara itu diraih dalam 19th world Pencak Silat Championship 2022 Melaka-Malaysia, Minggu (31/7/2022).

Ini Dia Perempuan Pendekar TNI AL, Juara Pencak Silat Dunia

Foto/tnial.mil.id

Jeni yang bertanding di kelas B putri (50-55 kg) sukses mengalahkan lawan-lawannya dan ikut menyumbangkan medali emas bagi tim Indonesia. Dengan raihan total 11 medali emas, 9 perak, 8 perunggu, Indonesia menjadi juara umum di atas Malaysia dan Vietnam.

Bagi pesilat kelahiran Kabupaten Sikka, NTT, 18 Juni 1999 ini, medali emas di Malaysia itu bukanlah yang pertama diraihnya. Tetapi kemenangan tahun ini mengukuhkan posisinya sebagai salah satu pesilat paling tangguh di dunia.

Ini Dia Perempuan Pendekar TNI AL, Juara Pencak Silat Dunia

Foto/tnial.mil.id

Pada April 2019 silam, Jeni juga sukses menjurai adalah Kejuaraan Dunia Belgia Open. Gelar itu diraih tak lama setelah Jeni mempersembahkan medali perak untuk Indonesia pada SEA Games 2019. Tahun ini, Jeni meyumbangkan satu emas PON Papua untuk Nusa Tenggara Timur.

Masuk TNI AL

Jeni merupakan anggota Kowal yang masuk melalui jalur seleksi bintara dan tamtama pada 2020. Setahun setelah mempersembahkan medali perak, Jeni termasuk dalam 574 pendaftar dari 10 kabupaten di Pulau Flores, Lembata, dan Alor, Nusa Tenggata Timur (NTT) yang dipusatkan di Maumere demi memenuhi cita-citanya menjadi seorang tentara.

“Senang sekali bisa ikut seleksi. Ini cita-cita dari kecil ingin jadi anggota TNI,” kata Jeni ketika itu, dikutip dari inews.id, Minggu (7/8/2022).



Jeni ternyata diterima masuk. Dia mendapat pangkat sersan dua. Kini, nama lengkapnya adalah Serda (JAS/W) Jeni Elvis Kause. Kode JAS menunjukkan keahliannya di bidang jasmani.

Komandan Lanal Maumere, Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi mengungkapkan rasa bangganya kepada Jeni Kause yang turut menyumbangkan medali emas sehingga Indonesia menjad juara umum.

”Ini merupakan pembinaan yang nyata dari KSAL Laksamana TNI Yudo Margono dalam memajukan olahraga melalui pembangunan berbagai fasilitas olahraga di seluruh pangkalan – pangkalan TNI AL seluruh Indonesia, sehingga diharapkan dapat melahirkan atlet-atlet handal TNI AL yang berprestasi dalam kejuaraan di tingkat nasional maupun internasional,” ujar dia dikutip dari tnial.mil.id, Minggu (7/8/2022)
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)