Dimutasi Jadi Pati Yanma Polri, Atasan Irjen Ferdy Sambo Ternyata Seorang Kombes

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 08:00 WIB
loading...
Dimutasi Jadi Pati Yanma Polri, Atasan Irjen Ferdy Sambo Ternyata Seorang Kombes
Irjen Pol Ferdy Sambo dicopot dari jabatannya sebagai Kadiv Propam Polri. Kini dia dimutasi sebagai perwira tinggi Yanma Polri. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Tamat sudah karier Irjen Pol Ferdy Sambo sebagai Kadiv Propam Polri. Seusai dinonaktifkan gara-gara kasus kematian Brigadir J atau Nopryansah Yosua Hutabarat , kini alumnus Akademi Kepolisian 1994 itu dimutasi sebagai perwira tinggi Pelayanan Markas (Yanma) Polri.

Sambo masuk kotak berdasarkan Perintah Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melalui Telegram Nomor 1628/VIII/KEP./2022 tertanggal 4 Agustus. Secara keseluruhan terdapat 9 perwira yang dicopot dari jabatannya.

Seperti diketahui, tim Inspektorat Khusus (Irsus) telah memeriksa 25 personel kepolisian terkait dengan kasus penembakan Brigadir J. Mereka diduga tidak profesional sehingga menghambat olah TKP penembakan ajudan Sambo itu.

Baca juga: Ferdy Sambo Dicopot dari Kadiv Propam, Diganti Irjen Pol Syahar Diantono



"Dan malam hari ini saya akan keluarkan TR khusus untuk memutasi," kata Sigit dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (4/8/2022) malam.

Selain Sambo, dua pati yang masuk Yanma Polri yaitu Karo Paminal Divpropam Polri Brigjen Pol Hendra Kurniawan dan Karo Provos Divpropam Polri Brigjen Pol Beny Ali. Dengan mutasi itu, karier Sambo ibarat roller coaster.

Jika sebelumnya melesat bak meteor karena sudah tembus bintang 2 meski dari angkatan 1994, kini dia pati nonjob. Lucunya, Yanma Polri dipimpin seorang perwira menengah berpangkat komisaris besar polisi alias Kombes.

Mengacu data Mabes Polri, pemimpin Yanma atau lazim disebut Kayanma Polri sekarang yakni Kombes Pol Yudi Sulistyo Wahid. Yudi sebelumnya menjabat Kapolres Gianyar, Bali.

Yanma merupakan unsur pelayanan yang bertugas menyelenggarakan fungsi pembinaan dan pelayanan umum dan urusan dalam di lingkungan Mabes Polri, terutama menyangkut fasilitas markas. Yanma Polri berada pada tingkat Mabes Polri dan langsung di bawah Kapolri. Pada tingkat kepolisan daerah disebut Yanma Polda.

Fungsi Yanma antara lain memberikan bimbingan dan arahan teknis pelaksanaan pelayanan markas atau kantor kepada penyelenggara urusan dalam pada semua satuan kerja. Kemudian, melakukan pembinaan pengadministrasian, perencanaan program dan anggaran, pelayanan penatausahaan materiil logistik di lingkungan Yanma serta pengaturan perumahan.
(rca)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1160 seconds (10.101#12.26)