Terduga Teroris Magetan Pernah Ikut Pelatihan di Suriah

Rabu, 03 Agustus 2022 - 11:23 WIB
loading...
Terduga Teroris Magetan Pernah Ikut Pelatihan di Suriah
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengungkap tersangka teroris yang ditangkap di Magetan diduga pernah mengikuti pelatihan di Suriah. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap satu tersangka teroris berinsial RY alias D di Magetan, Jawa Timur (Jatim). Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengungkap peran dari tersangka tersebut yang diduga pernah mengikuti pelatihan di Suriah .

"Pada tahun 2013 mengikuti seleksi anggota hubungan internasional JI dan melakukan perjalanan ke Suriah melalui Dubai untuk membuka jalur hubungan dengan FSR dan bergabung di pelatihan militer," kata Ramadhan, Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Menurut Ramadhan, tersangka juga merupakan anggota bidang hubungan internasional Jamaah Islamiyah. Lalu, pada 2015, RY alias D melakukan perjalanan kembali ke Suriah melalui Istanbul, Turki untuk membangun hubungan dengan Jabah Musrok.



"Pada saaat di Suriah yang bersangkutan ditahan oleh kelompok militer ISIS. Kemudian yang bersangkutan juga mempunyai koneksi langsung ke Yaman dalam membuka jalur hubungan JI dengan Al-Qaeda untuk melakukan pelatihan militer di Suriah," ujar Ramadhan.

Menurut Ramadhan, tersangka juga pernah membangun komunikasi dengan Dulmatin di Magetan, Jawa Timur.

Baca juga: Densus 88 Tangkap 1 Terduga Teroris JI di Magetan
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2331 seconds (0.1#10.140)