Wapres: ASN Diharapkan Tak Berorientasi pada Jabatan Struktural

Selasa, 02 Agustus 2022 - 16:59 WIB
loading...
Wapres: ASN Diharapkan Tak Berorientasi pada Jabatan Struktural
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Aparatur Sipil Negara (ASN) diharapkan tidak berorientasi pada jabatan struktural, tetapi lebih termotivasi meningkatkan kompetensi mengisi jabatan fungsional. Hal ini dikatakan oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin.

"ASN diharapkan tidak lagi berorientasi pada jabatan struktural, tetapi semakin termotivasi untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas diri dalam mengisi jabatan fungsional yang mengutamakan keahlian," kata Wapres saat melantik Pamong Praja Lulusan IPDN, di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Apalagi kata Wapres, seiring dengan kebijakan reformasi birokrasi nasional, kini perluasan kerangka berpikir semakin dibutuhkan.

Wapres pun meminta agar menjadikan pola pikir, budaya kerja, dan core value ASN Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (Berakhlak).

"ASN juga diharapkan menerapkan pola pikir 'Bangga Melayani Bangsa' sebagai fondasi yang diaktualisasikan dalam keseharian," ucap Wapres.

Pada kesempatan itu, Wapres juga mendorong agar para Pamong Praja yang akan menjadi ASN untuk perkuat iman dan takwa, serta sikap antikorupsi. "Berikan teladan dalam kejujuran dan profesionalitas bagi masyarakat dan lingkungan," katanya.

"Bangun kepekaan terhadap dinamika sosial masyarakat, utamanya untuk mengantisipasi tumbuhnya paham-paham radikalisme, terorisme, dan bahaya narkoba atau zat adiktif lainnya," tutup Wapres.
(maf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1469 seconds (11.252#12.26)