Presiden Jokowi Dinilai Bawa Posisi Indonesia Kuat di Mata Dunia

Sabtu, 30 Juli 2022 - 22:55 WIB
loading...
Presiden Jokowi Dinilai Bawa Posisi Indonesia Kuat di Mata Dunia
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai layak mendapatkan Nobel Pedamaian dunia setelah lawatannya ke Rusia dan Ukraina. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengunjungi sejumlah negara di Asia Timur dan melahirkan berbagai kesepakatan bilateral . Sebelumnya, Jokowi juga menghadiri G7 dan mengunjungi langsung Ukraina dan Rusia untuk meredam konflik.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Sharwi Chaniago menyebut, langkah Jokowi membuat posisi Indonesia begitu kuat. Sehingga, berbagai kesepakatan bisa dihasilkan, baik dalam pembangunan maupun menekan dampak gejolak global. Baca juga: Presiden Jokowi Tiba di Tanah Air Usai Lawatan ke Asia Timur

Menurut dia, Jokowi saat ini menjadi pimpinan Presidensi G20. Posisi itu, lanjut Pangi, sangat baik untuk meletakkan daya tawar Indonesia di tingkat tertinggi.

“Cukup kuat Pak Jokowi berhasil meyakinkan itu dengan pembangunan infrastruktur, kemampuan kita di G20, kemampuan kita untuk tidak resesi,” ujar Pangi di Jakarta, Sabtu (30/7/2022).



Lebih lanjut, Pangi menyebut politik luar negeri yang dijalankan Jokowi patut diapresiasi. Menurutnya, Jokowi telah membawa pesan penting kepada dunia dengan mengunjungi langsung Ukraina dan Rusia, yang membuat Indonesia makin disegani.

“Politik bebas aktif yang tidak berpihak ke Ukraina dan Rusia itu sudah pas, tentu kita menjadi negara yang hari ini disegani,” paparnya. Baca juga: Misi Strategis Jokowi Damaikan Rusia-Ukraina

Jokowi baru saja mengunjungi tiga negara di Asia Timur yakni China, Jepang, dan Korea Selatan. Dari kunjungan tersebut, Jokowi membawa berbagai kesepakatan ekonomi. Sebelumnya Jokowi juga telah berkunjung ke Ukraina dan Rusia.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1547 seconds (11.97#12.26)