Waketum DMI Sebut Kualitas SDM Kunci Wujudkan Bangsa Maju

Jum'at, 29 Juli 2022 - 20:15 WIB
loading...
Waketum DMI Sebut Kualitas SDM Kunci Wujudkan Bangsa Maju
Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin mengunjungi Pesantren Riset Al-Muhtada Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (28/7/2022). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin mengatakan salah satu strategi penting untuk memajukan bangsa adalah dengan memberdayakan sumber daya manusia ( SDM) berkualitas . Investasi SDM hasilnya tidak bisa dilihat secara langsung, tetapi membutuhkan proses yang panjang dan berkelanjutan.

Hal ini disampaikan Syafruddin saat ini mengunjungi Pesantren Riset Al-Muhtada Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (28/7/2022). Pesantren Riset Al-Muhtada merupakan pesantren mahasiswa yang memiliki tujuan menciptakan muslim yang berintelektual, berakhlak mulia, berprestasi, dan memiliki keterampilan riset yang unggul.

Kedatangan Safruddin bersama tim disambut Pimpinan Pesantren Riset Al-Muhtada, Dr Dani Muhtada beserta para pengurus. "Para mahasantri di Pesantren Riset Al-Muhtada ini sangat beruntung, karena selain sebagai mahasiswa di Universitas Negeri Semarang dengan kegiatan kampusnya juga memiliki aktivitas keagaaman serta riset di luar kegiatan kampusnya," kata Safruddin dikutip dari keterangan tertulisnya, Jumat (29/7/2022).

Baca juga: Cegah Konten Tak Bermoral di Medsos, Sekjen DMI: UU ITE Perlu Direvisi

Dani Muhtada menyambut baik silaturahmi Wakil Ketua DMI dan tim. Dalam sambutannya, ia menyampaikan beberapa program yang telah berjalan di Pesantren Riset Al-Muhtada. Antara lain riset atau penelitian yang dilakukan setiap tahunnya oleh mahasantri.

"Outputnya adalah publikasi di jurnal terakreditasi Sinta 1, 2, dan 3. Adapun topik riset atau meneliti yang dilakukan yaitu sosial kemasyarakatan dan keagamaan," katanya.

Mendengar hal itu, Syafruddin menantang mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada untuk membuat penelitian tentang tingkat literasi Al-Qur'an. Menurutnya, riset tersebut sangat penting dilakukan karena Indonesia adalah negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia.

"Data tentang literasi Al-Qur'an ini akan membantu program peningkatan literasi Al-Qur'an. Literasi Al-Qur'an yang baik akan mengantarkan pada pemahaman dan pengamalaman Al-Qur'an yang lebih baik," katanya.

Terkait dengan visi Pesantren Riset, Syafruddin juga menyampaikan bahwa investasi sumber daya manusia (SDM) menjadi hal penting untuk mewujudkan peradaban bangsa yang berkualitas. Suatu bangsa dapat dikatakan maju bukan dilihat dari sumber daya alam yang tersedia karena bisa habis oleh manusia. Sementara, sumber daya manusia justru semakin bertambah.

"Harapannya, mahasantri Riset Al-Muhtada dapat melakukan riset atau penelitian terkait dengan peningkatan kualitas sumber daya mansia, di antaranya melalui suatu topik, Aktualisasi Perwujudan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Literasi Baca Qur'an yang nantinya dapat dikembangkan lebih spesifik dan mendalam," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)